Bikin Minder, Inilah 5 Penyebab Perut Buncit pada Pria dan Wanita
Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andreas Ayrton)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang mungkin akan kehilangan kepercayaan diri ketika memiliki perut buncit. Selain itu, kondisi ini juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Lantas, apa penyebab perut buncit?

Penyebab Perut Buncit

Perut buncit atau obesitas sentral adalah kumpulan lemak berlebih yang terdapat di area abdomen. Kumpulan lemak ini bisa disebabkan oleh konsumsi karbohidrat, kolesterol, dan lemak dalam jumlah berlebih tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 12 November 2022, berikut penyebab perut buncit yang harus Anda ketahui:

  1. Hormon Seks dan Usia

Tubuh pria dan wanita mempunyai tempat penyimpanan lemak yang berbeda. Pada pria, jaringan adiposa yang berfungsi untuk menampung lemak, terletak pada perut dan juga pinggang.

Sementara, tempat penyimpanan lemak pada wanita terletak di bagian pinggul dan juga paha.

Seiring bertambahnya usia, pria lebih rentan memiliki perut buncit, khususnya bagi yang sudah berumur 40 tahun ke atas. Penambahan usia membuat produksi hormon testosterone (hormon reproduksi) berkurang drastis. Kondisi ini menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut atau lemak visceral. Jenis lemak ini membuat pria lebih berpeluang memiliki perut buncit.

  1. Stres

Stres berlebih juga bisa menyebabkan perut seseorang menjadi buncit. Pasalnya, stres dapat meningkatkan kadar hormone kortisol. Peningkatan hormon ini dapat mengakibatkan naiknya nafsu makan, terutama konsumsi makanan manis, tinggi kalori, dan tinggi lemak.

Nafsu makan yang tinggi, bakal menambah asupan kalori dari makanan berlemak. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut dan membuat Anda terlihat buncit.

  1. Malas Berolahraga

Ilustrasi perut buncit
Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andres Ayrton)

Selain kedua hal di atas, malas berolahraga juga bisa menyebabkan perut buncit. Apabila Anda jarang berolahraga, lemak dari makanan yang Anda konsumsi tidak akan terbakar dan tertimbun di perut.

Padahal, lemak visceral sanga mudah terbakar, terlebih saat Anda melakukan aktivitas fisik.

Untuk mengurangi perut buncit, Anda bisa memulai olahraga aerobic dengan intensitas sedang, seperti jalan cepat, senam aerobic, zumba, dan jogging.

  1. Kurang Tidur

Menurut studi, waktu tidur yang kurang tidur dapat meningkatkan risiko naiknya berat badan. Hal ini tentu berpengaruh pada penumpukan lemak visceral.

Apabila durasi tidur Anda kurang dari enam jam setiap malam, Anda berpeluang lebih besar memiliki perut buncit karena penumpukan lemak.

Tak hanya itu, durasi tidur yang kurang juga dapat memicu hormon ghrelin dan menurunkan hormon leptin. Kondisi ini membuat Anda cepat lapar dan ingin makan terus-menerus.

  1. Konsumsi Alkohol

Penyebab dari perut buncit bisa jadi karena mengonsumsi alkohol. Seperti yang kita ketahui, bahwa kenaikan berat badan seringkali dipengaruhi oleh pengonsumsian minuman beralkohol, hal tersebut juga berlaku pada perut buncit atau obesitas sentral ini, dimana orang yang meminum minuman beralkohol memiliki resiko besar akan perut buncit.

Demikian informasi seputar penyebab perut buncit pada pria dan wanita. Semoga bermanfaat!