5 Fase Membangun Hubungan yang Dilalui Tiap Pasangan
Ilustrasi (Brigitte Tohm/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar pasangan akan melalui beberapa fase dalam membangun hubungan percintaan. Dan bagi mereka yang berhasil melalui lima fase itu, hubungan cintanya akan jadi lebih kuat dan intens. Fase membangun hubungan juga membantu masing-masing pasangan berkembang menjadi pribadi yang dewasa. Jadi, inilah fase dalam membangun hubungan yang biasanya dilalui tiap pasangan melansir Marriage.com, Rabu, 16 November.

Inisiasi – Fase Awal

Hal pertama dalam tahapan membangun hubungan adalah inisiasi. Di fase ini fokus utamanya adalah membuat kesan positif. Anda dan calon pasangan akan saling mencari tahu informasi tentang satu sama lain dan umumnya hanya membicarakan hal-hal baik tentang diri masing-masing.

Baik Anda maupun pasangan berusaha tampil lucu, sukses, dan sopan demi masuk dalam kriteria pasangan ideal. Inisiasi adalah tahap yang rumit karena disinilah keputusan dibuat untuk melanjutkan hubungan atau tidak. Saat Anda berada di tahap inisiasi, usahakan untuk tidak menyombongkan diri sebab itu bisa membuat calon pasangan hilang feeling. 

Eksperimen – Mengenal calon pasangan lebih dalam

Tak ada orang yang ingin masuk ke dalam hubungan yang bisa merusak kesehatan mental. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan eksperimen. Anda dan calon pasangan mulai sering membuat janji bertemu. Fungsinya untuk lebih mengenal pribadi calon pasangan. Di fase ini juga, Anda dan calon pasangan akan mencari tahu kesamaan, kedekatan, dan identitas diri.

Intensifikasi – Mengembangkan perasaan

Intensifikasi merupakan salah satu fase dalam membangun hubungan tersulit karena Anda dan pasangan sudah mulai melibatkan perasaan di dalam hubungan. Anda dan si dia mulai membagi detail masa lalu dan rencana masa depan. Anda dan pasangan akan merasa sulit jauh satu sama lain dan terus berpikir tentang cara membangun hubungan ini lebih serius.

Dalam fase ini juga, komitmen mulai dikembangkan. Anda dan calon pasangan tidak hanya melihat sisi baik, tapi juga sisi buruk kepribadian. Tiap konflik yang muncul mulai dicari solusinya bersama-sama. Kalian mulai mempertanyakan arah berlabuhnya hubungan kalian.

Integrasi – Permulaan hubungan serius

Integrasi adalah fase penuh kebahagiaan karena Anda dan pasangan mulai yakin dengan hubungan dan berharap bisa berhasil. Tak ada lagi rasa ragu karena kalian sudah saling tahu apa yang diharapkan dari masing-masing. Dan dalam fase hubungan percintaan, ini merupakan puncak tertinggi. Pembicaraan serius tentang masa depan hubungan mulai dilakukan.

Bonding – Memperkuat hubungan

Bonding adalah fase terakhir dalam membangun hubungan cinta. Pernikahan biasanya terjadi di fase ini. Pada tahap ini juga, hampir tak ada konflik terjadi sebab telah diselesaikan di awal-awal tahap perkenalan.