Obat Asam Urat di Kaki dengan Obat Herbal dan Cara Meredakan Nyerinya
Ilustrasi asam urat di kaki (Pexels/Miriam Alonso)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Serangan asam urat di kaki bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakitnya bisa membuat penderita tidak hanya merasa tidak nyaman, namun bisa membuat penderita sedikit kesulitan saat berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat asam urat di kaki dan menjauhi makanan pantangan penderita asam urat.

Obat Asam Urat di Kaki

Seperti diketahui, asam urat adalah gangguan kesehatan yang berupa radang sendi yang menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada anggota tubuh tertentu. Penyakit tersebut biasanya menyerang titik-titik tertentu seperti jari, pergelangan, dan lutut.

Penyebab asam urat di kaki adalah tingginya asam urat dalam darah yang menumpuk di persendian lalu berimbas pada peradangan dan munculnya rasa nyeri. Tanda dan gejala asam urat biasanya dimulai dari rasa panas, gatal, atau kesemutan di bagian sendi. Untuk meredakannya, berikut makanan herbal yang bisa dikonsumsi.

  1. Daun Kumis Kucing

Tanaman ini memiliki banyak nama seperti kutum, bunga laba-laba, remuk jung, kumis kucing, songot koceng, hingga misai kucing. Di Indonesia, kumis kucing digunakan sebagai pereda asam urat dan beberapa penyakit lainnya. Cara menyembuhkan asam urat degan kumis kucing adalah dengan mengonsumsi air rebusan kumis kucing secara teratur.

Adanya flavonoid, fenolik, dan asam kafeat pada kumis kucing bisa jadi penghambat pembentukan asam urat.

  1. Daun Salam

Daun ini bisa dengan mudah dijumpai oleh masyarakat, baik di pasar maupun toko sayur. Saun salam mengandung zat antioksidan seperti tanin dan flavonoid yang bermanfaat untuk meredakan asam urat. Selain itu senyawa pathenolide pada salam juga bisa digunakan sebagai anti-inflamasi, sehingga membantu meredakan peradangan. Cara mengobat asam urat dengan daun salam adalah dengan mengonsumsi air rebusannya.

  1. Seledri

Anda juga bisa memanfaatkan seledri untuk meredakan asam urat. Hal itu bisa terjadi karena adanya kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, glikosida, apiin, apiol, dan falvonoid. Selain itu Glikosida juga membantu mengatasi masalah sendi yang disebabkan karena asam urat. Cara menyembuhkan asam urat dengan seledri adalah dengan mengonsumsi air rebusannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Selain dengan obat herbal, rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat bisa sedikit berkurang dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Banyak Minum Air Putih

Anda bisa mengonsumsi banyak air putih saat merasakan gejala asam urat. Saat minum air putih banyak ginjal akan melepaskan kelebihan cairan yang diterimanya. Hal itu secara tidak langsung membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan karena asam urat.

  1. Minum Pereda Nyeri

Mengutip Arthritis Health, langkah awal yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri anti peradangan nonsteroid (NSAID). Anda bisa membeli ibuprofen atau naproxen di apotek terdekat.

  1. Kompres Es Batu di Bagian yang Sakit

Es batu akan membantu mengurangi rasa sakit di sendi. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan kain handuk lalu tempelkan ke sendi yang sakit selama beberapa menit. Cara ini bersifat sementara. Anda tetap dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Letakkan Kaki di Atas Bantal

Pereda nyeri asam urat di kaki salah satunya bisa dengan meletakkan kaki di atas bantal atau tempat yang lebih tinggi dibanding jantung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan akibat asam urat.

Itulah beberapa obat asam urat di kaki. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.