Mengungkap Kenapa Langit Berwarna Biru? Begini Penjelasan Ilmiahnya
Ilustrasi langit biru (Unsplash/Clyde RS)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa langit berwarna biru. Meski keadaan tersebut merupakan fenomena alam, namun penyebab langit biru di siang hari bisa dijelaskan secara ilmiah. 

Fenomena langit biru sama halnya dengan warna biru pada lautan. Warna biru pada laut tampak ketika anda melihatnya dari kejauhan. Sementara ketika dilihat dari dekat, warnanya ternyata bening atau transparan air.  

Bila diingat-ingat penjelasan mengenai langit berwarna biru sebenarnya sudah dipelajari sejak masa sekolah. Fenomena langit biru berkaitan dengan pembiasan cahaya yang bisa dijelaskan dalam ilmu fisika. 

Kenapa Langit Berwarna Biru?

Ada sejumlah penyebab kenapa langit berwarna biru. Berikut penjelasannya.

Terdapat Gelombang Cahaya Pendek

Di dalam tata surya alam semesta, sumber cahaya berasal dari Matahari. Sinar dari matahari memancar ke planet-planet lain, termasuk Bumi. Pancaran cahaya putih dari matahari yang menuju bumi akan melewati atmosfer Bumi.

Dalam ilmu fisika dijelaskan bahwa atmosfer bumi diibaratkan seperti prisma kaca. Atmosfer tersebut mengandung berbagai macam gas, seperti oksigen, nitrogen, karbon, dan lainnya. Atmosfer tersebut akan membuat cahaya menjadi terpecah-pecah melewatinya. 

Cahaya yang memancar ke bumi akan terpecah menjadi gelombang yang berbeda-beda, mulai dari gelombang panjang dan gelombang pendek. 

Gelombang cahaya panjang akan berubah menjadi sejumlah warna, yaitu kuning, merah, dan jingga. Sementara gelombang cahaya pendek akan berubah menjadi warna hijau dan biru. Warna-warna tersebutlah yang dapat ditangkap oleh mata kita.

Gelombang Cahaya Pendek Berhamburan di Angkasa

Gelombang cahaya pendek dapat diteruskan lurus sampai menjangkau jarak jauh. Sebagian besar gelombang tersebut akan berhamburan di angkasa. Kondisi itulah yang menyebabkan sebagian besar langit berwarna biru dibandingkan warna lainnya. Cahaya gelombang pendek seperti melingkupi Bumi, sehingga langit yang membentang tak terbatas tersebut akan tampak berwarna biru. 

Penyebab Langit Berwarna Biru Menurut Teori Rayleigh

Menurut teori Rayleigh, ada tiga faktor yang membuat warna langit menjadi biru. Ketiga hal itu adalah cahaya Matahari, atmosfer Bumi, dan penglihatan manusia. Namun perlu diketahui bawah biru pada langit bukalah berasal dari pantulan biru lautan. 

Berikut penjelasan tiga faktor yang mempengaruhi langit berwarna biru. 

Cahaya Matahari

Cahaya matahari akan tampak berwarna putih kekuningan jika dilihat dengan mata telanjang. Namun faktanya sinar Matahari tersebut tersusun dari berbagai macam warna, seperti warna pelangi jika dilihat dari sebuah prisma. 

Atmosfer Bumi

Atmsfer Bumi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi fenomena warna biru pada langit. Ada banyak jenis partikel di luar angkasa. Partikel oksigen (O2) dan Nitrogen (N2) yang keberadaannya paling banyak. 

Ketika pancaran sinar Matahari masuk ke bumi, terjadi interaksi antar cahaya dan partikel yang terdapat di atmosfer. Interasik yang terjadi menyebabkan penghamburan cahaya Rayleigh atau yang biasa disebut Rayleigh Scattering. 

Cahaya biru dan violet mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek, sehingga mudah terserap oleh molekul di udara. Dengan begitu kedua cahaya ini akan lebih banyak tersebar dan terhamburkan. Langit berwarna biru karena intensitas cahaay violet atau ungu lebih rendah dibandingkan warna biru. 

Penglihatan Manusia

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya warna biru adalah karena penglihatan manusia. Mata manusia lebih peka menangkap warna biru dibandingkan warna violet. Berbagai macam panjang gelombang dan spektrum pada cahaya matahari  tersebarkan karena adanay interaksi antara cahaya dengan partikel yang ada di atmosfer. 

Warna biru dan violet tersebar lebih banyak dibandingkan warna lain karena memiliki panjang gelombang lebih pendek. Warna langit pun tampak biru karena mata kita sensitif terhadap warna biru.

Itulah penjalasan kenapa langit berwarna biru. Mitos yang beredar di masyarakat mengenai warna biru langit adalah pantulan dari laut merupakan informasi yang tidak benar. Jadi ada beberapa faktor yang membuat warna langit tampak biru, yaitu cahaya matahari, penglihatan manusia, dan atmosfer bumi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.