Rutin Minum Teh Hijau, Termasuk Cara Alami Membersihkan Paru-paru
Ilustrasi cara alami membersihkan paru-paru (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Paru-paru merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Setelah terpapar polutan, organ tubuh yang berkaitan dengan pernapasan ini, perlu disokong agar tetap sehat. Salah satunya dengan membiasakan kebiasaan tertentu yang bermanfaat membersihkan paru-paru. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara mengakibatkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Untuk memastikan kesehatan dan terhindar efek dari racun berbahaya, seperti asap rokok dan polusi udara, berikut cara alami membersihkan paru-paru.

1. Menghirup uap air

Mandi air hangat baik dengan heater atau di bath-up, memungkinkan untuk terhirupnya uap yang membantu orang bernapas dengan lebih mudah. Cara ini merupakan salah satu metode terapi uap. Uap, menambah kehangatan dan kelembapan pada udara. Sehingga dapat meningkatkan pernapasan dan cara alami mengeluarkan dahak di paru-paru.

cara alami membersihkan paru-paru
Ilustrasi cara alami membersihkan paru-paru (Freepik)

2. Menguras dahak di paru-paru dengan drainase postural

Terdapat sejumlah cara untuk melakukan drainase postural. Metode ini melibatkan posisi berbaring yang berbeda untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Praktik ini dapat bermanfaat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobeti atau mencegah infeksi paru-paru.

Gerakan yang bisa dilakukan, pertama berbaring di lantai atau tempat tidur dan letakkan bantal di bawah pinggul. Pastikan posisi dada lebih rendah dari pinggul. Kemudian tarik napas perlahan melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Setiap embusan napas, harus lebih lama dari saat menghirup. Lanjutkan teknik ini selama beberapa menit.

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang serta mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, tetapi juga dapat membantu seseorang menjaga kesehatan paru-parunya. Melansir Medical News Today, Selasa, 3 Januari, olahraga memaksa otot untuk bekerja lebih keras. Efeknya meningkatkan laju pernapasan tubuh dan menghasilkan suplai oksigen lebih besar. Selain juga meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh lebih efisien membuang karbon dioksida saat berolahraga.

4. Rutin minum teh hijau

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American society for Nutrition tahun 2017, menemukan orang yang rutin dua kali minum teh hijau meminimalisir obstruktif kronis atau penyakit paru-paru. Teh hijau, mengandung banyak antioksidan yang membantu mengurangi peradangan paru-paru. Senyawa ini, melindungi jaringan paru-paru dari efek bahaya menghirup asap.

5. Konsumsi makanan anti inflamasi

Radang saluran napas dapat membuat sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan anti radang dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala tersebut. Makanan yang membantu melawan peradangan meliputi kunyit, sayuran berdaun hijau, ceri, bluberi, zaitun, kenari, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Itulah kelima cara alami membersihkan paru-paru. Adakah kebiasaan di atas yang rutin Anda lakukan?