Cara Meracik Kopi Ala Barista di Rumah Aja, Hemat dan Nikmat Pastinya
Cara Meracik Kopi Ala Barista (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Meskipun kita semua dapat dengan mudah menggunakan pembuat kopi instan di rumah kita sendiri, ada sesuatu yang istimewa tentang cara barista lokal Anda menyiapkan pesanan java reguler seperti yang Anda suka. Kepikiran gak sih? Anda bisa cara meracik kopi ala barista di cafe - cafe gitu?

Namun, terkadang kita menginginkan rasa dan kenyamanan minuman kopi buatan tangan kita dari kenyamanan ruang tamu kita sendiri (saat kita masih memakai baju tidur). Meskipun Anda mungkin mengira kopi ala barista hanya bisa dinikmati saat Anda memesan di toko lokal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara Meracik Kopi Ala Barista

 

Langkah Dasar Cara Membuat Kopi Ala Cafe di Rumah

Anda tahu tempatnya kafe kecil yang lucu di pusat kota yang menyajikan kopi paling enak. Bagi sebagian orang, ini hanya secangkir kopi sederhana, tetapi bagi Anda itu adalah kesempurnaan, dan Anda ingin membuatnya di dapur Anda sendiri.

Baru Dipanggang dan Baru Digiling

Cara membuat kopi ala café di rumah diawali dengan biji kopi yang tepat. Kacang adalah elemen mendasar dari pengalaman minum kopi Anda, jadi jangan memilih apa pun dari rak bahan makanan lokal Anda. Setelah Anda mendapatkan biji kopi yang bagus, masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai potensi biji kopi sepenuhnya!

Menggunakan biji kopi yang lebih murah atau membeli bubuk kopi curah tidak akan menghasilkan cangkir gaya kafe yang sempurna, tidak peduli seberapa mewah mesin espreso yang Anda gunakan. Mulailah dengan sekantong kopi biji utuh impor untuk memberikan fondasi terbaik bagi diri Anda.

Idealnya, Anda menginginkan biji kopi  yang baru dipanggang. Biji akan kehilangan perasa alaminya sekitar 3-4 minggu setelah dipanggang, jadi belilah kopi segar dan gunakan dengan cepat.

Selain menginginkan biji kopi yang baru dipanggang, Anda juga pasti menginginkan biji kopi yang baru digiling. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menggiling biji kopi sendiri. Beli penggiling listrik berkualitas atau giling biji dengan tangan setiap kali Anda membuat secangkir kopi. Ini memastikan rasa tetap utuh dengan mencegah bahan kimia dan minyak rusak sebelum waktunya diseduh.

Pentingnya Air Saring

Bahan apa yang paling banyak dibuat dari kopi? Air! Namun bagi banyak dari kita yang menyeduh permen kita sendiri di rumah, air kurang mendapat perhatian dibandingkan unsur kopi lainnya, termasuk cangkir yang kita pilih untuk meminumnya. Ya, banyak dari kita menghabiskan lebih banyak waktu memilih cangkir kopi daripada menghabiskan waktu mengingat salah satu elemen terpenting untuk rasa kopi.

Air keran mengandung sejumlah mineral dan bahan kimia yang keras. Meskipun tidak apa-apa menuangkan segelas untuk diri Anda sendiri agar terhidrasi, menggunakan air ledeng untuk kopi sama seperti menggunakan pembuat kopi tua yang kotor: ini akan menyelesaikan pekerjaan, tetapi bukan dengan cara terbaik.

Gunakan air yang disaring; Anda akan mendapatkan rasa yang jauh lebih bersih dan lebih segar dari minuman Anda. Pernahkah Anda merasa kopi di rumah terasa sedikit becek apalagi jika dibandingkan dengan kopi kedai kopi? Itu semua tentang kualitas air.

Bidikan Espresso Sempurna dan Minuman Sempurna

Jika Anda benar-benar ingin mendalami ilmu tentang kopi yang sempurna, ada banyak penelitian yang mengeksplorasi suhu air dan waktu menyeduh.

Isi mesin espresso Anda dengan biji kopi yang baru digiling dan air yang disaring, lalu tarik bidikan Anda. Sebagian besar mesin espresso akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Sebagian besar kopi gaya kafe dan barista membutuhkan espresso yang enak, dan Anda membutuhkan biji espresso segar. Beli biji espresso berkualitas seperti biji utuh Havanero Espresso untuk mendapatkan rasa espresso kuat yang menjadi dasar dari semua favorit kedai kopi Anda.

Jika Anda mencoba membuat secangkir kopi, Anda memiliki beberapa opsi berbeda. Anda dapat menggunakan teko kopi klasik, pres pracis dan tuang. Teko kopi dan tuang paling mirip karena sama-sama menggunakan kertas saring khusus. Filter kertas akan menghilangkan sebagian minyak dalam kopi saat melewatinya, memberi Anda minuman yang sedikit lebih bersih daripada alat pres prancis.

Jika Anda menggunakan french press, Anda akan mendapatkan rasa yang lebih kompleks pada kopi Anda. Coba biarkan kopi diseduh sekitar 4 menit sebelum dituang.

Ada pembuat kopi untuk setiap gaya hidup, dan untuk setiap barista di rumah! Namun, jika Anda mencari rasa yang lebih autentik, kami sarankan Anda menjauh dari teko kopi elektrik dan sistem pod sekali saji, karena tidak akan memberi Anda minuman yang rumit.

Setelah Anda menyempurnakan secangkir kopi dasar dan tembakan espresso dasar, sekarang saatnya untuk membuka dunia kopi gaya barista.

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari cara membuat kopi a la barista di rumah tanpa memiliki alat yang tepat. Barista bisa membuat minuman kopi kesayangan tersebut karena memiliki peralatan kopi yang tepat. Pertimbangkan beberapa hadiah perlengkapan kopi ini untuk pecinta kopi dalam hidup Anda, apakah itu Anda atau orang lain!

Ada begitu banyak minuman kopi yang berbeda untuk dibuat sehingga sulit menentukan harus mulai dari mana. Mulailah dengan dasar-dasarnya, dan kembangkan secara perlahan saat Anda menguasai berbagai elemen. Tidak yakin apa yang membedakan cappuccino dari latte? Ada banyak bagan bagus di luar sana, seperti ini, yang dapat memecah perbedaan dalam grafik sederhana.

Mengukus dan Membusa Susu

Di luar kopinya sendiri, tidak ada yang lebih nikmat dari susu yang ditambahkan di atasnya! Cappuccino, latte, mocha, dan cafe au lait semuanya membutuhkan susu kukus atau busa dalam beberapa kombinasi. Tongkat uap relatif murah dan merupakan cara mudah untuk membuat buih susu. Faktanya, jika Anda memiliki mesin espresso, mesin tersebut mungkin memiliki tongkat uap bawaan.

Cappuccino memiliki lebih banyak buih daripada latte. Mereka umumnya adalah espresso dengan porsi yang sama, susu kukus, dan buih susu. Latte memiliki lebih banyak susu kukus dan hanya sedikit buih susu di atasnya.

Semakin lama Anda mengukus susu, semakin banyak buih yang dihasilkan. Cappuccino umumnya membutuhkan susu dua kali lebih besar dari saat dingin, sedangkan latte hanya membutuhkan peningkatan sekitar satu setengah kali volume susu dingin.

Menambahkan Cokelat

Moka dan moka cokelat putih telah menjadi minuman yang semakin populer, tetapi jika Anda pernah mencoba melelehkan cokelat ke dalam kopi Anda, Anda tahu bahwa mendapatkan rasa cokelat-kopi yang kaya rasa yang dibuat oleh barista adalah tugas yang sulit.

Saat membuat moka, gunakan rasio yang tepat antara bubuk kakao dengan susu dan kopi. Menambahkan cokelat leleh atau campuran cokelat panas akan memasukkan terlalu banyak gula dan lemak ke dalam kopi dan membuat perasa cokelat menolak menyatu dengan baik dengan kopi. Bubuk kakao harus digunakan sebagai gantinya, dan jenis yang tidak diberi pemanis. Kukus sedikit susu (dengan sedikit buih), lalu campurkan bubuk kakao, gula, dan kopi.

Meskipun Anda bisa mencampurkan cokelat leleh, terutama jika membuat moka cokelat putih, bubuk kakao akan tercampur dengan lebih halus ke dalam kopi.

Lebih Banyak Variasi

Mempelajari cara membuat kopi ala barista di rumah membutuhkan variasi dan eksperimen sehingga Anda dapat memukau tamu dan teman dengan kreasi unik dan karya klasik klasik Anda sendiri.

Setelah Anda menguasai dasar-dasar menyeduh kopi, menyeduh espresso berkualitas, dan mengukus susu, Anda dapat menjelajahi penganan kopi yang lebih menantang. Cobalah beberapa tren kopi musim panas, dan jelajahi dunia dengan membuat favorit lokal dari banyak negara yang menyukai kopi!

Menggunakan susu non-susu untuk minuman kopi ala barista yang dibuat di rumah dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Tidak apa-apa memanjakan diri Anda dengan susu murni saat pergi ke kedai kopi, tetapi jika Anda sering membuat minuman di rumah, susu murni dapat menambah banyak asupan lemak dan kalori ekstra! Cobalah alternatif non-susu untuk pilihan rumahan yang lebih sehat. Kopi sudah memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun menggunakan susu non-susu hanya akan meningkatkannya.

Jika Anda merasa sangat percaya diri, seni latte memiliki momen besar di media sosial, dan meskipun hype telah mereda, Anda masih dapat mencoba desain berbusa. Untuk membuat seni latte, espresso pertama-tama dimasukkan ke dalam cangkir berbentuk mangkuk, lalu setengah dari susu kukus dituangkan di atasnya. Lapisan terakhir dituangkan dengan lembut dan dekat dengan permukaan sehingga susu dan basis espresso tidak menyatu, menciptakan kontras warna putih dan karamel untuk karya seni tersebut.

Jadi setelah mengetahui cara meracik kopi ala barista, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!