Manfaat Nanas Untuk Diet: Ketahui 6 Alasannya
Manfaat Nanas Untuk Diet ( Martin Sanchez - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di Indonesia. Buah dengan rasa asam dan manis ini acap kali ditemui dalam olahan minuman dan makanan penutup. Tak cuma rasanya yang menyegarkan, buah nanas juga kaya akan gizi dan vitamin yang berguna bagi kesehatan kita. Kandungan gizi ini membikin nanas diandalkan mempunyai bermacam-macam khasiat untuk kesehatan. Lalu, apa manfaat nanas untuk diet?

Melanesia dari AI-care.id, nanas memiliki sejumlah nutrisi, mineral dan antioksidan yang penting bagi kesehatan. Dilansir dari Heathline, dalam satu cangkir nanas (165 gram) mengandung:

  • 82,5 kalori
  • 1,7 gr lemak
  • 1 gr protein
  • 21,6 gr karbohidrat
  • 2,3 gr serat

Selain itu, nanas juga kaya akan vitamin C, magnesium, vitamin B6, zat besi, vitamin A thiamin, folat dan riboflavin.

Nah apakah ada manfaat Dari si buah nanas ini untuk diet?

Manfaat Nanas Untuk Diet

Ilustrasi Diet (Diana Polekhina - Unsplash)
Ilustrasi Diet (Diana Polekhina - Unsplash)

 

Nanas rendah kalori dan karbohidrat

Nanas adalah makanan ringan yang enak karena rasanya yang enak dan manisnya yang rendah kalori. Satu potong nanas hanya memiliki 42 kalori, dimana hanya empat persennya adalah karbohidrat.

Ini mengandung enzim proteolitik dan menargetkan lemak perut

Nanas mengandung bromelain, enzim proteolitik yang membantu memecah molekul protein dalam tubuh.

Lovneet Batra, ahli gizi terkenal dari Delhi-NCR, juga mengatakan: “Bromelain membantu pencernaan dan pemanfaatan protein yang lebih baik, dan dengan demikian membantu Anda mendapatkan massa tubuh tanpa lemak. Ini juga membantu memobilisasi lemak perut.”

Bromelain juga memiliki efek lipolitik dan proteolitik, yang membantu membakar lemak tubuh secara keseluruhan. Tetapi secara khusus menargetkan area perut Anda jika dikombinasikan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Ini membantu pencernaan

Seperti yang kami sebutkan di atas, bromelain dalam nanas meningkatkan pencernaan dengan memecah molekul protein dan mendorong penyerapan nutrisi. Pencernaan yang tepat juga meningkatkan metabolisme yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan ekstra tersebut. Selain itu, pencernaan yang baik juga dapat membantu mengurangi kembung.

Itu sarat dengan serat

Nanas mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama dan menimbulkan rasa kenyang.

Mengurangi nafsu makan dan membuat Anda tetap terhidrasi

Nanas mengandung antioksidan, serat, dan air yang membuat Anda kenyang dan terhidrasi pada saat yang bersamaan. Ketika tubuh Anda terhidrasi dengan baik, itu akan mengurangi nafsu makan dan mencegah Anda makan sebanyak-banyaknya.

Itu dikemas dengan mangan

Nanas mengandung mangan yang mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh Anda, sehingga mendorong penurunan berat badan secara holistik. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa asupan mangan berbanding terbalik dengan lemak perut.

Catatan: Nanas juga dapat menyebabkan reaksi alergi, jadi jika Anda mengalami tanda-tanda alergi, segera konsultasikan ke dokter.

Jadi setelah mengetahui manfaat nanas untuk diet, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!