Camilan untuk Penderita Asam Lambung, Awas Jangan Sembarangan Makan
Cemilan untuk penderita asam lambung (Unsplash/ Susan Wilkinson)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penderita asam lambung wajib menjaga makanan yang dikonsumsi supaya penyakitnya tidak kambuh. Namun membatasi konsumsi makanan tertentu memang bukanlah hal mudah bagi sebagian orang. Apalagi keinginan untuk ngemil di waktu luang atau ketika sedang bersantai. Ada rekomendasi cemilan untuk penderita asam lambung. 

Gejala asam lambung biasanya akan kambuh saat apabila penderitanya tidak bisa mengatur pola makan. Penderita asam lambung dianjurkan untuk makan secukupnya dan tidak dalam porsi banyak. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak, kafein, berasa pedas, kandungan asam kuat, dan lainnya. 

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung adalah yang mengandung serat tinggi. Selain itu, ada beberapa cemilan yang baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. 

Camilan untuk Penderita Asam Lambung

Keinginan untuk ngemil sering muncul saat sedang bersantai, seperti menonton film, membaca buku, dan sebagainya. Namun penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi sembarangan camilan. Berikut tips atau rekomendasi cemilan yang baik bagi pendertia asam lambung. 

Kacang-kacangan

Salah satu cemilan yang baik bagi penderita asam lambung adalah kacang-kacangan. Ada berbagai pilihan kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi, seperti kacang almond, kacangan panggang, kuaci, kacang hijau, dan lainnya. 

Selain aman bagi penyakit asam lambung, kacang-kacangan juga mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, pengolahan cemilan ini juga mudah didapatkan dan pengolahannya cukup sederhana.

Buah

Buah juga menjadi rekomendasi cemilan untuk penderita asam lambung. Namun pastikan Anda tidak mengonsumsi buah yang memiliki rasa terlalu asam. Penderita asam lambung perlu menghindari buah seperti lemon, nanas, jeruk bali, dan buah lain yang memiliki rasa asam cukup kuat. Selain

Beberapa pilihan buah yang bisa Anda konsumsi, di antaranya pisang, apel manis, semangka, melon, bengkoang, dan lainnya. Selain tinggi serat, buah juga menyimpan banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Oatmeal

Makanan lain yang aman bagi penderita asam lambung adalah oatmeal. Makanan ini bahkan cukup efektif mencegah asam lambung yang memburuk. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga bisa meredakan gejala asam lambung naik. Oatmeal bisa dikonsumsi dengan tambahan buah supaya rasanya lebih variatif. 

Yoghurt

Cemilan lain yang baik bagi penderita asam lambung adalah yoghurt. Susu yoghurt mengandung probiotik yang bisa membantu meringankan gejala asam lambung naik. Selain itu kandungan dalam yoghurt juga dapat meningkatkan imun tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Lebih dianjurkan bagi Anda untuk memilih yoghurt plain atau tanpa gula tambahan.  

Sayuran Hijau 

Penderita asam lambung juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa meredakan gejala asam lambung. Selain itu, kadar gula dan lemak yang rendah pada sayuran juga baik untuk kesehatan lambung. Anda bisa mengolah sayuran menjadi salad supaya lebih nikmat saat dikonsumsi. 

Jahe

Tak banyak yang tahu jika jahe juga menjadi makanan yang baik bagi penderita asam lambung. Jahe memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan mengatasi iritasi pada lambung. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman maupun mengolahnya ke dalam makanan. 

Demikianlah ulasan mengenai cemilan untuk penderita asam lambung. Sejumlah makanan tersebut memiliki kandungan yang aman dan baik bagi kesehatan lambung sehingga bisa mengurangi bahkan meredakan asam lambung. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.