Cara Membasmi Tungau: Lakukan 5 Cara Ini Agar Anda Tak Kerepotan Nantinya
Cara Membasmi Tungau (Gambar WikiImages - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tungau adalah salah satu makhluk yang paling tersebar luas di planet ini, tetapi karena perawakannya yang sangat kecil, mereka sebagian besar tidak diperhatikan  sampai menimbulkan masalah. Kali ini Kita bakal membahas terkait cara membasmi tungau.

Sebagian besar spesies tungau tidak berbahaya bagi manusia, namun beberapa tungau dapat menyebabkan reaksi alergi bahkan membuat Anda sakit. Ketika tungau menjadi masalah, dan terutama bagi orang yang sangat alergi, sangat penting untuk menyingkirkan tungau. Tapi bagaimana caranya?!

Cara Membasmu Tungau

Hapus kekacauan dari rumah atau lingkungan Anda

Ini termasuk tumpukan kertas dan tumpukan cucian. Sama seperti jenis tungau yang tak terhitung jumlahnya, hampir tidak ada habisnya tempat yang bisa mereka sebut rumah. 

Anda dapat menemukan tungau hampir di mana saja, tersembunyi di antara tumpukan kertas, terselip di tempat tidur Anda, di karpet, saluran udara, loteng berdebu, dan bahkan di kap lampu dan bermain-main di cucian kotor Anda. 

Faktanya, tungau dapat ditemukan hampir di mana saja. Itu sebabnya hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membasmi tungau adalah merapikan rumah atau sekitar kediaman Anda.

Rawat semua area yang terkena dengan Obat Tungau

Setelah Anda mendeklarasikan, desinfeksi area tersebut untuk membunuh tungau dan menjauhkannya. Sayangnya, tungau tidak akan hilang dengan sendirinya.

Semprotan sterifab adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkannya, dan Anda dapat menggunakannya di hampir semua permukaan. Plus, itu mengering dalam waktu sekitar 15 menit, dan tidak meninggalkan aroma dan jejak.

Tidak seperti beberapa produk seperti klorpirifos yang dilarang  Obat tungau yang ada di supermarket dijamin aman untuk digunakan di rumah.

Sedot debu secara teratur

Bersihkan setiap minggu, dan jangan lupakan sofa, tirai, dan karpet. Vakum sesering mungkin, ini saja bisa menghilangkan banyak tungau. Tungau debu, khususnya, dapat masuk ke dalam dan menempel pada kain seperti karpet, furnitur, dan bahkan pakaian.

Menyedot dan mencuci kain harus mengatasi masalah ini, tetapi untuk menghilangkan tungau sepenuhnya, Anda harus melakukannya secara teratur. Perhatikan bahwa Anda juga harus membersihkan debu sesering Anda menyedot debu! Seperti namanya, tungau debu sangat menyukai . . . debu!

Jadi, pastikan rumah (atau kantor) Anda sebebas mungkin dari debu. Lap semua benda tidak bergerak, seperti vas bunga, koleksi CD, telepon, pernak-pernik, bingkai foto, rak, bahkan apa pun yang dapat mengumpulkan debu. sering. Petunjuk: gunakan kain atau lap lembap agar debu (dan juga tungau) tidak terangkat begitu saja ke udara. Itu cara ampuh untuk menyingkirkan tungau.

Tutupi tempat tidur, kasur, dan bantal Anda dengan penutup antidebu

Sayangnya, tempat tidur Anda mungkin adalah tempat Anda menemukan konsentrasi tungau tertinggi. Seperti kutu busuk pada umumnya, tungau suka membuat rumah mereka di alas kasur dan bantal.

Anda dapat melindungi diri dari tungau dengan membungkus kasur dan bantal dengan penutup antidebu. Ini akan mencegah tungau masuk ke tempat tidur Anda, dan menggagalkan penumpukan limbah tungau debu.

Penutup anti debu ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bahan serta dapat dibeli dari berbagai toko dan outlet online. Ini benar-benar pengobatan tungau yang sangat hemat biaya jika Anda memikirkannya!

Cuci seprai dengan air panas

Karena tungau debu cenderung menempel di seprai dan selimut Anda, penting untuk mencuci semua tempat tidur Anda, (termasuk sarung bantal, selimut, dan selimut) setiap 1-2 minggu, dengan air panas 130-140 derajat. Air yang sangat panas adalah cara yang efektif untuk membasmi tungau di tempat tidur Anda.

Jadi setelah mengetahui cara membasmu tungau, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!