Cara Mengajarkan Anak Berpuasa Hanya Dengan 7 Langkah Simpel
Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (Gambar catalog.obitel-minsk.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ramadhan selalu dianggap momen yang paling di tunggu-tunggu bagi umat Islam di seluruh dunia. Bagi para orang tua yang memiliki anak kecil, yang membuatnya semakin istimewa adalah kesempatan untuk mengajarkan kepada anak-anak kita tentang indahnya bulan suci ini. Lantas seperti apa cara mengajarkan anak berpuasa?

Meskipun anak-anak tidak harus berpuasa sebelum mencapai pubertas, tidak pernah terlalu dini untuk mulai mempersiapkan mereka untuk prestasi tahunan ini!

Sejak usia 7 tahun, kita sudah bisa menganjurkan puasa meski hanya beberapa jam (atau setengah hari seperti dulu!). Untuk memulai, Kali ini ada beberapa tips untuk membantu membuat perjalanan puasa anak-anak kita menyenangkan.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

1. Latihan membuat sempurna

Banyak cara bagi mereka untuk mencoba berpuasa. Apakah mereka bangun untuk sahur, sarapan terlambat atau melewatkan sarapan sama sekali, ini akan membuat mereka merasakan rutinitas.

Begitu mereka terbiasa, mereka dapat memulai dengan puasa selama beberapa jam yang dapat ditingkatkan secara bertahap saat mereka merasa lebih nyaman kurang dari 3 jam menjadi 5 jam dan dari puasa setengah hari menjadi puasa sehari penuh. Wah, sungguh ramadhan yang indah!

2. Buatlah pilihan yang sehat

Anak-anak membutuhkan makanan sepanjang hari. Saat memikirkan apa yang harus disiapkan untuk makanan mereka, pastikan untuk memilih makanan dan camilan yang seimbang dan bergizi. Lagi pula, mereka masih tumbuh!

Kurangi asupan makanan asin dan manis juga karena mereka hanya akan menambah rasa haus dan mengidam sepanjang hari. Makanan yang tinggi serat dan protein adalah yang terbaik untuk membuat mereka kenyang di sebagian besar waktu puasa mereka. Ini termasuk susu, yogurt, nasi, kentang, dan sayuran!

3. Siapkan sistem penghargaan

Beri anak-anak Anda tujuan dan tetapkan tujuan untuk mereka kerjakan. Berapa hari mereka ingin mencoba puasa dalam seminggu? Atau berapa jam sehari?

Setelah Anda menuliskannya, berikan hadiah untuk setiap tujuan yang mereka capai yang menarik bagi mereka. Mungkin tambahan nugget atau suguhan es krim di akhir minggu akan membuat mereka bersemangat untuk mencoba berpuasa!

4. Lacak kemajuan mereka (dan jadikan itu menyenangkan!)

Buat kalender warna-warni untuk melacak tujuan dan pencapaian puasa mereka dan pasang di dinding. Untuk setiap hari mereka menyelesaikan puasa mereka, tempelkan bintang emas atau stiker dan kata-kata penyemangat!

Ini memberi mereka rasa bangga atas upaya yang mereka lakukan dan akan mendorong mereka untuk melakukannya lebih sering

5. Persiapan puasa bersama

Baik itu membangunkan untuk sahur atau membantu menyiapkan meja untuk berbuka puasa, libatkan anak-anak Anda dalam proses sehari-hari selama Ramadan.

Mereka dapat membantu membagikan kurma untuk anggota keluarga yang sedang berpuasa dan sekaligus mempelajari pentingnya kurma. Biarkan mereka terbiasa dengan rutinitas dan mereka ingin menjadi bagian darinya.

6. Ajari mereka mengapa kita berpuasa dan sunnah yang bisa kita lakukan

Penting bagi anak-anak untuk memahami mengapa Ramadhan begitu penting bagi umat Islam dan mengapa kita berpuasa, jadi ada baiknya meluangkan waktu untuk menjelaskan hal ini kepada mereka dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki!

Mempelajari beberapa sunnah puasa yang kita amalkan juga bisa membantu mereka melihat indahnya bulan Ramadhan. Selain melibatkan mereka saat sahur dan berbuka puasa, mari ajak mereka untuk membaca Al-Qur'an (atau bahkan hanya duduk bersama kami) dan berdoa bersama.

Kita juga bisa mengajari dan membantu mereka menghafal doa buka puasa agar mereka bisa membaca bersama kita saat berbuka puasa. Ini adalah cara yang baik untuk memasukkan mereka saat kita menuai pahala Ramadhan sebagai sebuah keluarga!

7. Menurut contoh

Tip terpenting dari semuanya adalah memimpin dengan memberi contoh. Teladan yang baik menentukan nada untuk Ramadhan yang menyenangkan dan mendidik. Anak-anak kita memandang kita untuk segalanya dan puasa tidak berbeda.

Mereka akan melakukan apa yang kita lakukan, dan mereka akan berusaha untuk dapat mencapai tujuan puasa yang lebih besar seperti salah satu anak besar. Berbaik hatilah, bagikan dengan mereka dan tunjukkan cara melakukannya!

Jadi setelah mengetahui cara mengajarkan anak berpuasa, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!