Boy William dan Kiky Saputri Gibah Online, Ustaz Zacky Mirza: Gak Usah Urusi Urusan Orang
Ustaz Zacky Mirza menyarankan sebaiknya di masa Ramadan hindari melakukan gibah. (VOI/Puput Puji Lestari)

Bagikan:

JAKARTA - Konten di kanal YouTube Kiky Saputri Official dimana Kiky sebagai pemilik konten mengundang Boy William untuk berbincang sempat menjadi perhatian warganet, khususnya para penggemar grup K-pop Blackpink.

Keduanya mengatakan jika penampilan salah satu personil Blackpink, Jennie saat konser di Jakarta pada 11 dan 12 Maret 2023 sebagai contoh orang yang malas. Keduanya merasa penampilan wanita dengan nama lengkap Jennie Kim itu tidak maksimal saat itu.

Kiky Saputri dan Boy William. (YouTube Kiky Saputri Official)

Kiky dan Boy pun mendapat ganjarannya. Banyak warganet, khususnya mereka yg menyatakan diri sebagai fans dari Blackpink menilai keduanya telah melakukan kesalahan saat menggibahi Jennie. Akibat dari konten tersebut, Boy William juga sempat menyampaikan permintaan maafnya.

Ustaz Zacky Mirza menilai bahwa dalam zaman yang serba canggih seperti saat ini, para pelakunya harus punya kebijaksanaan dalam bertindak, terutama saat membuat konten yang akan diunggah.

“Kalau kebaikan yang kita sebar jadi amal jariyah. Tapi kalau keburukan yang kita sebar, viewers-nya jutaan, subscriber-nya puluhan juta, akhirnya jadi dosa jariyah,” ujar Ustaz Zacky Mirza saat ditemui tim VOI di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Selasa, 21 Maret 2023.

Sang ustaz tahu betul bahwa konten-konten yang menyiarkan agama sulit untuk menarik perhatian orang. Ia sadar bahwa konten dengan gosip-gosip akan lebih menarik perhatian.

Ustaz zacky beranggapan bahwa ada baiknya jika para artis dalam konten-kontennya tidak menggibahi seseorang. Pasalanya, ia menilai bahwa ada kemungkinan orang yang digibahi justru lebih baik.

“Paling tidak, ada sisi balancing yang hadir. Bagaimana teman-teman artis, ya kalau bisa membicarakan kebaikan orang lain kan lebih baik. Karena kita gak pernah tahu, kita yang selalu bilang orang lain jelek, jangan-jangan kita lebih jelek dari orang lain,” katanya.

“Hidup jadi tenang, gak usah ngurusin urusan orang. Tapi sekali lagi, kita gak pernah tahu, namanya konten ya, ada apa di balaik konten, apakah itu sudah di-setting, apakah direkayasa atau realita, kita gak pernah tahu,” sambungnya.

Sebagai seorang muslim dan terkhusus untuk muslim lainnya, meski tidak menutup kemungkinan bagi pemeluk agama lain, sebaiknya kita tidak membuat seseorang terlihat rendah di mata orang banyak.

“Tapi saya berharap kita sebagai sesama manusia dan sesama muslim, sebaik-baiknya kita adalah yang menjaga aib saudara kita, kalau perlu kita tutupi, sehingga orang itu bagaimana caranya tetap baik di mata orang banyak,” pungkas Ustaz Zacky Mirza.