Berapa Banyak Pelukan yang Diperlukan Anak dari Orang Tua dalam Sehari? Simak Kata Pakar
Ilustrasi (Tatiana Syrikova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai orang tua, Anda tahu bahwa bayi suka digendong, anak kecil senang dirangkul, dan bahkan anak yang usianya lebih tua membutuhkan pelukan rutin dari orang tuanya. Namun banyak orang tua tidak menyadari bahwa ada manfaat menawarkan pelukan kepada anak-anak.

Berpelukan dapat melepaskan oksitosin atau hormon cinta. Bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa pelukan dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi keparahan penyakit, dan membantu seseorang pulih dari konflik interpersonal.

Empat penelitian menemukan bahwa kehangatan orang tua memberikan manfaat penting bagi anak yang berkaitan dengan keberhasilan akademik dan keterampilan pengaturan diri yang lebih baik. Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychiatry, menerima kehangatan dari orang tua juga membantu anak menjadi lebih tangguh dalam hidupnya.

Salah satu cara terbaik mengungkapkan kehangatan sebagai orang tua adalah melalui pelukan.

“Pelukan adalah simbol cinta dan kasih sayang dan merupakan cara mudah menunjukkan emosi positif,” kata Diane Franz, PhD, direktur psikologi di Rumah Sakit Anak New Orleans, dilansir dari Very Well Family, Jumat, 24 Maret.

"Pelukan menyampaikan tingkat keakraban antara orang-orang yang terlibat, dan biasanya mencerminkan hubungan yang positif."

Kenyataannya, tidak ada jumlah pelukan yang dibutuhkan seorang anak untuk berkembang.

“Tidak ada jumlah pasti sebab kebutuhan kasih sayang fisik tiap anak bisa berbeda,” kata Dr. Franz.

Dia menambahkan bahwa, anak usia muda biasanya mencari lebih banyak pelukan daripada anak yang lebih besar. Tapi balik lagi, itu bisa bervariasi dari masing-masing anak dan bergantung pada tingkat kenyamanannya dengan kasih sayang fisik."

Robyn Rausch, LPC-S, RPT-S, supervisor konseling profesional berlisensi dan terapis bermain terdaftar yang menjalankan platform bernama Calming Communities menjelaskan bahwa ada banyak manfaat dari pelukan.

“Pelukan penting bagi manusia pada umumnya, tetapi lebih penting lagi bagi anak-anak karena otak mereka sedang berkembang secara aktif,” kata Rausch.

“Pelukan memberi rasa terkoneksi dengan orang lain. Untuk anak, pelukan bisa sama pentingnya dengan makanan, air, dan tempat tinggal,“ jelas Rausch lebih lanjut.