Biar Aman Tanpa Pestisida, Begini Cara Mencuci Anggur sebelum Dimakan
Ilustrasi (Suzy Hazelwood/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di balik kesegaran dan rasa yang manis, buah anggur mengandung nutrisi yang berlimpah. Kandungan nutrisi pada anggur meliputi vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin K, hingga asam pantotenat dan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan. Kalium yang terdapat dalam buah itu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung atau stroke. 

Nah, agar semua kebaikan buah anggur yang disebutkan itu bisa dinikmati secara sempurna, pastikan Anda mencuci anggur sebelum dimakan. Caranya? Simak panduan yang VOI rangkum dari Taste of Home, Jumat, 31 Maret.

Gunakan Garam dan baking soda 

Sebelum dicuci dengan garam dan baking soda cucilah anggur dengan air dingin terlebih dahulu. Setelah itu, tempatkan anggur dalam mangkuk dan taburi dengan satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Gunakan jari Anda untuk mengaduk dan menggosok anggur dengan lembut selama sekitar satu menit. Kemudian masukkan anggur ke dalam saringan atau saringan jaring halus dan bilas dengan air dingin. Keringkan dan makan.

Gunakan Cuka dan baking soda

Anggur juga bisa dibersihkan dengan cuka dan baking soda. Tempatkan jumlah anggur yang ingin Anda makan dalam mangkuk. Isi mangkuk dengan air secukupnya hingga menutupi anggur. Tambahkan 2 sendok makan baking soda dan dua sendok makan cuka (Anda bisa menggunakan cuka suling atau cuka apel). Gunakan jari Anda untuk membersihkan anggur di dalam larutan. Biarkan anggur dalam larutan selama 10-15 menit. Keluarkan dari mangkuk, masukkan ke dalam saringan dan bilas dengan air dingin.

Tips menyimpan anggur yang sudah dicuci Anggur harus dibiarkan benar-benar mengering setelah dicuci. Sebab, kelembapan berlebih akan menyebabkan proses pembusukan lebih cepat terjadi. Setelah itu, simpan anggur dalam kantong yang memiliki celah untuk memudahkan udara masuk, letakkan di kulkas. Aliran udara akan membantu menjaga buah anggur tetap segar selama lebih kurang tiga minggu.