Merawat Kuku Secara Alami: Punya Kuku yang Cantik Ternyata Ga Mahal Loh!
Merawat Kuku Secara Alami (Gambar Niek Verlaan - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memiliki kuku yang sehat bukan hanya biar kelihatan cantik, juga bukan sesuatu yang hanya bisa diuntungkan oleh wanita. Beberapa pengusaha yang sukses banyak yang gemar melakukan manikur rutin, loh! Adakah cara merawat kuku secara alami?

Sebenarnya, penampilan kuku bisa berdampak besar dalam membuat kesan pertama yang baik. Pertimbangkan ini: Apakah Anda lebih suka berjabat tangan dengan seseorang yang memiliki kuku yang bersih dan tampak sehat atau seseorang yang kukunya patah, berubah warna, atau tampak kusam?

Tentu saja, bahkan jika Anda tidak perlu khawatir untuk membuat orang yang lebih tinggi terkesan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, merawat kuku Anda bisa jadi tentang merasakan dan mencari yang terbaik murni untuk kesenangan Anda sendiri!

Nah! Masalahnya bagaimana cara merawat kuku denga cara yang alami? Tenang! Berikut beberapa caranya;

Merawat Kuku Secara Alami

Makanan Yang Memperkuat Pertumbuhan Kuku

Jangan remehkan makanan sehari-hari Anda loh. Pasalnya makanan punya peran penting untuk pertumbuhan anda. Masalah kuku adalah akibat dari pola makan yang buruk, dan masalah seperti kuku rapuh akibat kekurangan kalsium. Anda harus memiliki jumlah yang cukup dalam makanan Anda.

Tambahkan juga vitamin E, protein, zat besi, vitamin D, seng, dan magnesium ke dalam makanan Anda dalam bentuk kacang-kacangan, bit, kedelai, buncis, lentil, biji-bijian, sayuran hijau, dll. untuk kuku yang lebih sehat dan kuat.

Jaga Kuku Anda Kering Dan Bersih

Semua masalah berawal dari kuman dan bakteri. Anda harus memastikan bahwa tidak ada ruang bagi mereka untuk berkembang biak. Bersihkan kuku Anda secara teratur dan pastikan Anda mengeringkannya setelah dicuci.

Ini juga mencegah kotoran dan bakteri menumpuk di bawah kuku Anda. Namun, jangan berlebihan; kuku yang direndam dalam air dalam waktu lama dapat menyebabkan pecah-pecah.

Saat Anda perlu mencuci piring, sebaiknya lindungi kuku Anda dengan sarung tangan. Anda juga perlu memastikan bahwa kulit di sekitar kuku juga bersih dan bebas dari kotoran.

Yang kami sarankan adalah Anda mengambil sikat gigi dan mengoleskan sedikit garam ke atasnya dan menggunakannya untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya dengan lembut.

Potong Secara Teratur

Mirip dengan bagaimana memangkas rambut Anda secara teratur baik untuk kesehatannya, hal yang sama juga berlaku untuk kuku Anda. Ambil pemotong kuku dan potong dengan rapi.

Luangkan waktu setiap beberapa minggu untuk memotong kuku Anda dan membentuknya sesuai keinginan Anda. Yang terbaik adalah jika Anda memotong kuku Anda dalam garis lurus dan kemudian membentuk persegi atau membulatkannya di ujungnya.

Hindari Menggunakan Gel Dan Akrilik

Gel dan akrilik tidak diragukan lagi sangat cantik tetapi sayangnya menyebabkan kerusakan besar pada kuku. Hindari mereka sepenuhnya, jika memungkinkan.

Bubuk akrilik mengandung banyak bahan kimia yang mampu menembus aliran darah melalui dasar kuku yang halus. Lampu UV yang digunakan dalam manikur gel juga merusak kulit di sekitar kuku dan tangan Anda.

Alternatif yang lebih cerdas untuk ini adalah dengan memilih yang tekan jika Anda sangat menyukai tampilan kuku khusus ini karena tidak terlalu berbahaya dan mudah diaplikasikan.

Gunakan Minyak Kutikula Untuk Menghindari Kuku Rapuh

Rawat kuku Anda dengan baik dengan memberikan perawatan bergizi secara teratur. Manikur mingguan akan membuat mereka kuat dan sehat.

Gunakan minyak kutikula setelah perawatan untuk menutrisi kuku Anda.

Rendam Dengan Jus jeruk

Rendam kuku Anda dalam jus jeruk segar selama 10 menit per hari untuk memberi kuku Anda dorongan antioksidan yang akan meningkatkan kekuatan dan penampilannya, serta membantunya tumbuh lebih cepat.

Setelah selesai, ingatlah untuk membilas sampai bersih untuk menghilangkan asam sitrat dari kulit dan kuku Anda, lalu oleskan pelembab alami seperti minyak zaitun, biji rami, atau minyak kelapa untuk mengatasi dehidrasi yang mungkin terjadi selama berendam.

Gunakan Minyak kelapa

Dalam hal bahan alami yang dapat bermanfaat bagi setiap bagian tubuh Anda, minyak kelapa adalah rajanya! Untuk meningkatkan kekuatan dan penampilan kuku Anda, cukup pijat setiap hari dengan minyak kelapa organik yang diperas dingin. 

Sebagai manfaat tambahan, kutikula dan kulit Anda akan terlihat dan terasa lebih sehat dari perawatan harian dengan minyak kelapa juga.

Jadi setelah mengetahui merawat kuku secara alami, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!