Solusi Frizzy Hair untuk Jenis Rambut Keriting, Lurus, dan Bergelombang
Ilustrasi (Juliana Stein/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Frizzy hair atau rambut kusut bisa jadi masalah yang merepotkan dan menakutkan untuk diatasi, terutama jika ini memengaruhi berbagai jenis rambut, seperti keriting, bergelombang, dan lurus. Pada artikel ini, VOI akan membahas beberapa solusi rambut kusut pada rambut keriting, lurus, dan bergelombang, melansir Times of India, Jumat, 28 April.

Rambut keriting

Rambut keriting cenderung kusut karena tekstur dan bentuknya yang alami. Untuk menjinakkan frizzy hair pada rambut keriting, penting untuk menghindari penggunaan produk yang mengandung alkohol dan sulfat, yang dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan kekeringan dan rambut kusut lebih lanjut. Sebagai gantinya, pilihlah sampo dan kondisioner pelembab yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting. Kondisioner tanpa bilas dan krim pengeriting rambut juga dapat membantu mengatasi rambut kusut dan membentuk rambut ikal. Saat menata rambut, gunakan diffuser pada pengering rambut Anda untuk mendistribusikan panas secara merata dan mencegah rambut kusut.

Rambut bergelombang

Rambut bergelombang merupakan tipe rambut antara lurus dan keriting, dan cenderung kusut karena teksturnya dan kurangnya pola ikal yang jelas. Untuk mengatasi rambut kusut pada rambut bergelombang, penting untuk menggunakan sampo dan kondisioner lembut yang tidak akan membebani gelombang rambut Anda. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan rambut dan aplikasikan produk penataan rambut yang ringan, seperti mousse atau busa, untuk membantu memperjelas gelombang dan mengontrol rambut kusut. Hindari menyikat rambut saat kering, karena dapat menyebabkan rambut makin kusut.

Rambut lurus

Rambut lurus mungkin tidak mudah kusut seperti rambut keriting atau bergelombang, tetapi tetap bisa menjadi masalah, terutama dalam kondisi lembap. Untuk mengatasi rambut kusut pada rambut lurus, gunakan sampo dan kondisioner lembut yang tidak akan membebani rambut Anda. Oleskan minyak rambut atau serum ringan ke ujung rambut Anda untuk membantu mencegah kekeringan dan kusut. Saat menata rambut, gunakan semprotan pelindung panas dan catokan untuk menghaluskan rambut kusut.