Penyebab Mengantuk Setelah Minum Kopi: Ternyata Karena Beberapa Hal Ini!
Penyebab Mengantuk Setelah Minum Kopi (Gambar Sam Williams - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah gak kalian ngerasain, pas sedang banyak-banyaknya tugas yang mengharuskan kita begadang akhirnya kita minum kopi, eh tapi tetep ngantuk juga? Emang hal itu sering terjadi, dan kali ini kita bakal ngebahas penyebab mengantuk setelah minum kopi!

Penyebab Mengantuk Setelah Minum Kopi

Menimbulkan sugar crash

Dikala minum kopi dengan ekstra gula ataupun creamer yang tinggi, Kalian bakal merasa lebih cepat kehilangan tenaga. Ini sebab badan memproses gula dengan kecepatan lebih besar dibandingkan kafein.

Dalam durasi 90 menit sehabis minum saja, Kalian dapat merasa kehilangan tenaga sebab kandungan gula Kalian bertambah dengan cepat serta turun kembali. 

Menyebabkan dehidrasi

Siapa sangka, kopi yang kita minum itu ternyata memiliki sifat diuretik, jadinya kandungan kopi bakal membantu tubuh kita untuk mengeluarkan air. Jadinya wajar kalau pas kita minum kopi bakal kebelet buang air kecil.

Ketika badan kita kehilangan cairan, secara otomatis darah kita akan berjalan lambat dan oksigen yang beredar dalam tubuh kita pun sedikit. 

Tahukah kalian bagaimana efek sampingnya kalau oksigen dalam tubuh sedikit? Y akita bakal mudah kelelahan dan mengantuk. Solusinya kalian mengopi tidak lebih dari 500mg per harinya.

Toleransi kafein tinggi

Alasan mengantuk sehabis minum kopi berikutnya yakni sebab Kalian mempunyai toleransi kafein yang besar.

Situasi ini dapat terjalin bila Kalian minum kopi dengan cara teratur ataupun berlebihan.

Tingkatan toleransi pada kafein pula dapat berubah sebab aspek usia, berat badan, serta obat- obatan. Biar tidak terperangkap dalam situasi ini, batasi kafein kurang dari 500 mg per hari. 

Kopi memblokir reseptor adenosine

Adenosine merupakan zat kimia dalam otak yang mempengaruhi jam internal tubuh. Dalam kondisi wajar, adenosin berikatan dengan reseptor di otak buat melambatkan aktifitas otak selaku persiapan istirahat.

Tetapi dikala Kalian komsumsi kafein, minuman itu bakal memblokir kemampuan adenosine serta menghindari otak menerima adenosin sehingga materi kimia itu menumpuk. Dikala dampak kafein sirna, penumpukan adenosin bakal membanjiri otak serta menimbulkan kantuk.

Bahan kimia beracun

Mikotoksin merupakan materi kimia beracun alami yang terdapat pada jamur pada belukar biji- bijian, salah satunya kopi. Dalam takaran besar, kehadiran mikotoksin lumayan beresiko sebab bisa menimbulkan radang paru- paru, kesusahan bernapas, sampai meriang.

Buat kurangi resiko mikotoksin, World Health Organization mengusulkan buat memakai komoditas kopi yang telah dikeringkan serta dikemas dengan sesuai. 

Jadi setelah mengetahui penyebab mengantuk setelah minum kopi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!