Mudah Ditanam di Rumah, 7 Sayuran Ini Juga Cepat Panen
Ilustrasi menanam sayur (Unsplash/Paula Brustur)

Bagikan:

JAKARTA – Kebutuhan sayuran dalam rumah tangga bisa dicukupi lewat bertanam sendiri di rumah. Jika menggeluti hobi bertanam, sayuran yang cepat panen bisa dipilih. Saat butuh, tinggal petik dari halaman tentu akan menyenangkan bukan?

Berikut jenis sayuran cepat panen dan mudah ditanam di rumah.

Kangkung

menanam sayur di rumah
Ilustrasi tumbuhan (Unsplash/Francesco Gallorotti)

Kangkung dapat dipanen selama 30 hingga 40 hari sejak benihnya tumbuh. Media tanam untuk sayuran kangkung juga mudah. Bisa ditanam di air maupun di tanah lembap. Karena kangkung bisa hidup di setiap musim, maka tak menyulitkan saat ingin mencoba resep mie kangkung.

Sawi hijau

Setelah 45 hari sawi hijau akan memasuki masa panen. Merawatnya mudah asalkan mendapatkan cukup sinar matahari dan sedikit pupuk. Jika menanam sawi, amati serangga di sekitar area tanam. Sebab belalang suka bersembunyi di balik daunnya.

Bayam

Masa tanam bayam tidak jauh berbeda dengan kangkung maupun sawi hijau. Sekitar 30 hingga 45 hari, bayam dapat dipanen. Disarankan menanam bayam saat perubahan musim, antara awal musim kemarau atau awal musim penghujan.

Selada

Selada lebih lama panen dibanding tanaman bayam, kangkung, dan sawi hijau. Sayuran ini umumnya dibuat salad dan lalap.

Selada baru bisa dipanen setelah 2 hingga 3 bulan sejak benih disebar. Agar efektif, tanam selada dalam pot dengan lubang di bawahnya. Untuk Anda yang tinggal di kawasan dingin, bisa memilih selada sebagai tanaman sayur di rumah.

Cabai

menanam sayur di rumah
Ilustrasi tanaman cabai (Unsplash/Eduardo Jaeger)

Tanaman yang satu ini bisa ditanam di mana pun. Masakan di Indonesia juga sulit untuk berpisah dari rasa pedas cabai. Artinya, jika Anda menanam cabai sendiri di rumah akan lebih hemat, mudah dan stres berkurang dengan bercocok tanam.

Tanaman cabai membutuhkan waktu agak lama untuk berbuah. Jangan lupa menyiram rutin, memberi pupuk, dan memastikan bebas hama.

Daun bawang

Sisa daun bawang dari kulkas, bisa dijadikan benih. Potong bagian atasnya, sisakan bagian pangkal yang berakar. Tanam di tanah lebih direkomendasikan sebab jika memakai air akan mudah busuk. Biasanya, daun bawang dapat dipanen dalam waktu satu minggu.

Terung

Tumbuhan terung ada berbagai varian. Paling dikenal terung berwarna ungu dan hijau. Kedua varian ini sering jadi bahan sayur lodeh, bahkan digoreng untuk lauk pun rasanya nikmat.

Terung dapat ditanam dengan polybag berisi tanah dicampur pupuk dan jerami. Sebelum proses penyemaian, bibit perlu tumbuh dahulu. Baru setelah biji terung tumbuh bisa dipindahkan ke media tanam.

Itulah 7 jenis sayuran yang dapat di tanam di rumah dan tergolong cepat panen. Mau mencoba menanamnya?