Cara Terbaik Mengatasi Kondisi Kantong Kering di Akhir Bulan
Uang Dollar (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir bulan tentunya jadi saat menegangkan bagi para pekerja yang masih mengandalkan penghasilan dari gaji bulanan. Bisa saja di awal bulan Anda membuat perencanaan keuangan agar kantong tidak kering alias bangkrut di tengah bulan. 

Sayang, semua itu jauh dari kenyataan. Kondisi dompet berkata sebaliknya. Saat ingin mengeluarkan uang membeli kebutuhan, tahu-tahu dompet dan ATM kosong.

Agar kejadian ini tidak terulang di bulan berikutnya, mari baca beberapa tips mengatasi kantong kering di akhir bulan berikut ini.

Bagi sesuai kebutuhan

Tips anti kantong kering di akhir bulan yang pertama adalah membagi pendapatan menjadi beberapa bagian. Misalnya keperluan untuk bayar utang, kebutuhan hidup sehari-hari, tabungan, sosial, dan bagian lain sesuai kebutuhan. 

Lebih baik lagi jika Anda menentukan persentase dari setiap bagian. Misal bagian bayar utang 30 persen, kebutuhan sehari–hari 40 persen, sisanya adalah untuk tabungan atau belanja bulanan.

Ketahui prioritas

Setelah membagi sesuai dengan kebutuhan, dengan sendirinya Anda pun tahu mana bagian penting dan harus jadi prioritas. Bisa jadi, prioritas bayar cicilan utang dan kredit menempati urutan pertama. 

Prioritas kedua biasanya pada bagian kebutuhan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, internet, dan lainnya. Prioritas inilah yang harus Anda bayar duluan karena sifatnya mendesak. Di sini, Anda pun boleh menambahkan persentase dari nilai yang ditetapkan.

Jangan mencampur uang

Tips mengatasi kantong kering di akhir bulan selanjutnya yaitu menabung. Jika Anda punya rencana menabung, langkah paling tepat dilakukan adalah pisahkan rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari. 

Jadi, jangan campur uang pengeluaran kebutuhan dan tabungan dalam satu rekening. Tujuannya agar Anda lebih mudah mengontrol tabungan. Bagusnya lagi kalau Anda memilih tabungan dengan biaya administrasi rendah. 

Kemudian, coba simpan kartu ATM tabungan di rumah saja biar Anda tidak seenaknya menggunakan uang di dalam tabungan.

Miliki dana cadangan

Tips mengatasi kantong kering di akhir bulan lain adalah punya dana cadangan. Ingat, kejadian tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Entah itu sakit atau kebutuhan lain yang memerlukan uang mendadak. 

Untuk itu, penting agar selalu menyiapkan dana cadangan dalam tabungan. Agar lebih mudah, tentukan persentase dari setiap pendapatan milik Anda.

Investasi

Pernah dengan pepatah ‘semakin banyak Anda memberi maka rezeki akan semakin lancar’? Boleh percaya boleh tidak, tapi setidaknya kegiatan sosial itu nilainya positif.

Karena itu, setelah melaksanakan empat tips di atas cobalah untuk mengalokasikan sedikit dana untuk kegiatan sosial seperti membantu fakir miskin, menolong orang yang sakit, dan sebagainya. 

Kalau gaji Anda masih bersisa, Anda bisa mencoba memakainya untuk investasi. Tujuannya agar uang Anda makin bertambah. Anda bisa memanfaatkan berbagai saluran seperti reksadana, deposito, atau tabungan emas.