5 Bahan Alami yang Mengontrol Keringat dan Bau, Bermanfaat untuk Deodoran
Ilustrasi bahan alami bermanfaat untuk deodoran yang mengontrol keringat dan bau (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak produk deodoran yang dijual bebas di gerai dan supermarket. Namun kalau Anda memilih deodoran dari bahan alami, ada beberapa komposisi yang bisa dimanfaatkan. Tertarik mencari bahan alami sebagai alternatif untuk deodoran, berikut catat daftarnya.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk kebutuhan apapun. Paling umum untuk mengolah hidangan. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan rambut dan kulit. Nah, untuk alternatif deodoran, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang membunuh bakteri penyebab bau. Untuk memakainya, campurkan minimal dua sendok minyak kelapa dengan minyak esensial untuk pewangi. Ini tak akan mengiritasi kalau dioleskan di kulit ketiak Anda.

2. Minyak pohon teh

Untuk menikmati baunya, mungkin membutuhkan waktu untuk adaptasi. Tetapi minyak pohon teh dapat dipakai sebagai deodoran yang efektif. Menurut dokter kulit bersertifikat berbasis di New York City, Aanand Geria, MD., FAAD., minyak pohon teh atau tea tree oil bisa menjadi deodoran yang efektif karena agen anti jamur yang membantu melawan bakteri penyebab bau badan. Anda bisa menggunakan 10 tetes minyak pohon teh yang dicampurkan dengan setengah cangkir minyak kelapa untuk deodoran alternatif.

bahan alami bermanfaat untuk deodoran yang mengontrol keringat dan bau
Ilustrasi bahan alami bermanfaat untuk deodoran yang mengontrol keringat dan bau (Freepik)

3. Arang

Bahan alami lainnya yang direkoemndasikan sebagai alternatif deodoran adalah arang. Arang tidak akan menghalangi keringat seperti antiperspirant berbahan aluminium. Tetapi arang dapat menyerap kelembapan saat ketiak basah. Ditambah lagi, melansir Byrdie, Minggu, 16 Juli, arang memiliki sifat antibakteri dan mencegah bau.

4. Air lemon

Air lemon adalah zat asam yang membantu membunuh bakteri penyebab bau dan meninggalkan aroma segar. Bahan ini cocok untuk ketiak Anda. Jika memeras lemon dan mengoleskannya akanterasa encer, Anda bisa menggosok irisan lemon saja. Pastikan untuk membersihkan bulir jeruk yang tertinggal pada kulit.

5. Tepung maizena

Meskipun tak langsung sebagai bahan alami, tepung maizena bisa dijadikan alternatif deodoran apabila dicampurkan dengan soda kue. Dua bahan dapur ini membantu menyerap keringat dan mencegah bau. Menurut Geria, soda kue membantu menetralkan bau sementara tepung maizena menyerap kelembapan. Kombinasi dua bahan ini dapat efektif mengendalikan keringat dan bau.

Cara memanfaatkan bahan alami untuk deodoran alternatif yang terakhir ini, campur satu bagian soda kue dengan enam bagian tepung maizena. Anda bisa mengoleskannya ke ketiak tanpa menambahkan cairan apapun. Tertarik untuk mencoba trik ini?