Suka Menanam Sayuran? Ketahui 5 Alasan Pakai Pupuk Organik Lebih Baik
Ilustrasi alasan pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur (Freepik/vecstock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memberi pupuk pada tanaman perlu dilakukan secara rutin untuk memberikan nutrisi dan mendukung tanaman tumbuh subur. Tetapi karena banyak pilihan pupuk tanaman, Anda perlu memahami mana yang terbaik. Untuk tanaman sayuran, pupuk organik berkemungkinan lebih baik, ini alasannya.

1. Meningkatkan kesehatan tanah

Komposisi tanah sebagai media tanam yang baik dan sehat, memungkinkan bagi tanaman untuk tumbuh subur. Pupuk organik bisa jadi pilihannya, karena memakai pupuk kimia dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penurunan nutrisi dan mikroorganisme bermanfaat.

Pupuk organik membantu membangun unsur hara dalam tanah. Dengan begitu, kebun dapat menghasilkan tanaman lebih sehat dan sistem akar kuat. Tanaman juga akan tahan hama serta penyakit. Selain itu, memakai pupuk organik dapat memberikan nutrisi berkesinambungan pada tanaman.

alasan pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur
Ilustrasi alasan pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur (Freepik/vecstock)

2. Memberikan profil gizi seimbang pada tanaman

Tidak seperti pupuk kimia yang diformulasikan secara spesifik sesuai tujuan tertentu. Pupuk organik menawarkan profil nutrisi yang seimbang untuk membantu tanaman tumbuh subur. Pupuk organik terbuat dari kompos, pupuk kendang, dan tepung tulang. Bahan tersebut mengandung berbagai macam nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

3. Mengembangkan mikroorganisme menguntungkan

Selain menyediakan unsur hara yang tepat, pupuk organic meningkatkan kesehatan tanah dengan mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan.Mikroorganisme ini membantu memecah bahan organik di dalam tanah, melepaskan nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik juga memperbaiki struktur tanah, sehingga akar lebih mudah menembus dan menyerap unsur hara.

Dan karena pupuk ini lepas lambat, mereka menyediakan pasokan nutrisi yang stabil dari waktu ke waktu. Ini mengurangi risiko pemupukan berlebihan dan pembakaran nutrisi. Tak hanya meningkatkan ekosistem tanah yang sehat dan pertumbuhan tanaman, pupuk organik juga meningkatkan rasa dan kualitas sayuran.

alasan pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur
Ilustrasi alasan pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur (Freepik/vecstock)

4. Lebih aman bagi lingkungan

Pupuk kimia dapat berdampak negatif terhadap lingkungan, melansir Dengarden, Selasa, 18 Juli. Berbeda dengan pupuk organik yang meningkatkan keanekaragaman hayati di kebun Anda. Pupuk organic juga lebih hemat karena dapat dibuat dari limbah rumah tangga dan sumber alam lainnya.

5. Aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak

Salah satu alasan kenapa memilih pupuk organik, adalah karena lebih aman untuk hewan peliharaan di rumah serta anak-anak. Karena pupuk sintetis, seringkali mengandung bahan kimia beracun dan berbahaya apabila tertelan.

Itulah kelima alasan kenapa pupuk organik lebih baik untuk tanaman sayur. Kalau Anda menekuni hobi berkebun atau memang berprofesi sebagai petani, maka bisa menjadikan penjelasan di atas sebagai referensi.