Mengenal Apa Itu Terapi Holistik untuk Menemukan Kesejahteraan Hidup
Ilustrasi terapi holistik (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Supaya bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan terhindar dari stres, setiap orang perlu menjaga kesehatan mental. Salah satu cara atau metode yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mental health adalah melakukan terapi holistik. Namun masih banyak yang belum mengenal terapi holistik dan cara melakukannya.

Terapi holistik menjadi salah satu treatment untuk meningkatkan kesehatan mental, spiritual, hingga fisik. Metode psikoterapi ini cukup berbeda dari jenis-jenis lainnya sehingga cukup digemari banyak orang. Terapi holistik berupa gabungan beberapa jenis terapi sekaligus dari cara perawatan tradisional dan non-tradisional.

Jika Anda ingin membangun kesejahteraan hidup terhindar dari stres dan kegelisahan hati, maka perlu mencoba menjalani terapi holistik. Sebaiknya terlebih dahulu Anda mengenal terapi holistik dan seperti apa metodenya?

Mengenal Apa Itu Terapi Holistik

Terapi holistik atau holistic psychotherapy adalah metode psikoterapi yang berpusat pada tubuh untuk meningkatkan kesehatan mental. Metode terapi ini menggunakan perawatan tradisional dan non-tradisional sekaligus.Teknik terapi dilakukan dengan menggabungkan beberapa jenis terapi, mulai dari hipnosis, meditasi, latihan pernapasan, hingga akupuntur. 

Terapi holistik cukup efektif untuk meredakan stres, masalah kecemasan, dan perubahan suasana hati. Terapi ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, namun juga berperan menjaga kondisi fisik dan spiritual. Terapi ini dijalankan untuk membantu seseorang merasakan kesejahteraan dalam hidup sehingga seseorang dapat fokus mengembangkan diri dan memulihkan berbagai masalah yang dialami. 

Menjalani Terapi Holistik

Saat menjalani terapi holistik, seseorang akan diajak untuk menumbuhkan kesadaran diri. Diharapkan orang tersebut dapat lebih memahami hubungan antara jiwa, pikiran, dan tubuhnya sendiri. Ketika mengenali diri sendiri, seseorang akan lebih mudah untuk mengatasi dan mengendalikan masalah yang dihadapi. Dengan begitu seseorang bisa mendapatkan perasaan yang lebih sejahtera dan fokus mengembangkan diri. 

Pakar terapi holistik akan mengajarkan kepada pasien untuk memahami bahwa tubuh, jiwa, dan pikiran adalah tiga hal yang saling terkoneksi. Ketiganya perlu dikelola dengan tepat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan mental dan fisik. Teknik dalam terapi holistik berasal dari pola pikir (mindfulness) dan gerak tubuh (bodywork).

Ada beberapa teknik yang biasanya diterapkan dalam terapi holistik, sebagai berikut:

  • Hipnosis
  • Akupuntur
  • Meditasi
  • Teknik pernapasan
  • Pijatan
  • Tai chi
  • Yoga
  • Imajinasi

Jenis Terapi Holistik

Terapi holistik merupakan metode psikoterapi yang meliputi beberapa jenis terapi. Berikut ini tips jenis-jenis terapi holistik yang bisa Anda jalani.

Terapi Eklektik atau Integratif

Metode terapi ini dilakukan dengan pendekatan beberapa teknik yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Terapi Pikiran dan Tubuh

Metode terapi ini berfokus pada peningkatan fungsi pikiran dan tubuh, dengan cara relaksasi untuk mengelola stres.

Terapi Somatik

Metode terapi ini berfokus pada tubuh pasien dengan teknik gerakan tubuh, seperti menari, meditasi atau yoga, dan latihan pernapasan untuk menyembuhkan masalah kesehatan mental.

Terapi Spiritual

Metode terapi ini berfokus pada keyakinan atau iman pasien untuk mengeksplorasi masalah yang dihadapi pasien. 

Demikianlah ulasan mengenal terapi holistik, metode melakukannya, dan beberapa jenis terapi yang dijalani. Terapi holistik menjadi salah satu metode psikoterapi yang bisa Anda coba untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan mental dan untuk menemukan kesejahteraan hidup. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.