Tips Latihan Gym Agar Selalu Aman dari Cidera Otot Hingga Kematian
Ade Ray. (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Insiden yang terjadi pada Senin 24 Juli 2023 seperti sebuah ketakutan yang menghantui para pecinta kebugaran. Bahkan ini menjadi perhatian khusus media luar negeri dan beberapa altet seperti Ade Rai.

Nama Justyn Vicky yang meninggal akibat patahnya tulang leher menjadi trending beberapa waktu yang cukup lama. Kematianya saat mengangkat barbel seberat 210 kg menjadi momok back squad posisi.

Binaraga kawakan Ade Rai memberikan cara aman dalam melakukan beberapa aktifitas yang berbahaya seperti mengangkat barbel yang sangat berat.

Dalam Instagramnya didapat beberapa tips melakukan olahraga yang kini makin marak. Tentunya semua dimulai dengan pemanasan yang cukup, karena peregangan harus dilakukan terlebih dahulu agar otot tidak kaku.

Ade Rai Membagi Tips Pemanasan Setidaknya Dimulai dari 3 bagian.

Pertama, memulai dengan latian kardio selama 10 menit minimal guna memberikan temperatur yang lebih pas dan rileks.

Kedua: Melakukan angkat beban yang ringan jadi setelah kaki tangan dan beberapa otot juga dilakukan pemanasan agar lebih lentur dan temperature nya tepat.

Ketiga yaitu masuk ke sel inti. Sel inti maksudnya yaitu teman-teman sudah bisa mengangkat beban minimal enam kali, maksimal kira-kira 12 kali. Kalau lewat 12, berarti beban terlalu ringan sehingga harus ditambah lagi.

Setidaknya setelah tiga model pemanasan kita sudah siap sedangkan untuk outfit yaitu gunakan baju yang nyaman. Tentunya ini jadi salah satu penentu kepedean ketika kita sedang melakukan aktifitas.

Ada beberapa yang diperhatikan ketika baju tidak nyaman maka akan berpengaruh ke faktor psikologis kita dalam berolahraga tentunya terkait dengan mental

Hindari juga Ego lifting di mana kita terperangkap untuk mengangkat sesuatu yang lebih, pahami tubuh kita substansi utama adalah badan sehat. Jangan langsung memaksakan karena semuanya butuh proses.

Sedangkan Ade Rai sendiri pernah memberikan beberapa tips seperti kesalahaan saat fitness.Ada beberapa poin yang tercatat terkait dengan kesalahaan saat fitness. Ini seperti

Kebanyakan Tidur

Kebanyakan tidur karena berlatih terlalu keras sangat tidak disarankan. Akan lebih baik jika kita tidak terlalu banyak tidur dan melakukan repeat latihan daripada sekali angkat langsung berat. Ini akan membuat tubuhmu lebuh lelah dan otot tidak bertumbuh dengan baik.

Waktu yang singkat berlatih

Waktu singkat berlatih sangat membuat lelah tubuh. Mendapatkan tubuh yang indah butuh waktu dan istirahat pun dilakukan tempo yang bagus. Kebiasaan para pecinta Gym adalah nongkrong hampir seharian. Bukan berarti mereka suka nongkrong saja tetapi membuat badan kembali dan melakukan recover.

Latihan teknik tidak tepat

Ada banyak teknik yang dilakukan saat melakukan fitness. Oleh karena itu diperlukan mentor yang tepat. Hal tersebut bukan karena kita tidak bisa sendiri tetapi penggunaan teknik yang tepat akan sangat membantu mempercepat partumuhan otot. Anda juga bisa dilindungi ketika anda tidak kuat dan akan lebih mudah menjadikan otot anda berkembang.

Tidak mendengar pesan tubuh

Pesan tubuh haruslah didengar. Jangan memaksakan jika tubuh seperti sudah tidak kuat. Bagaimanapun tubuh butuh istirahan dan kami ingatkan jangan Ego terhadap diri. Ini akan membuat anda terpicu dengan kondisi tubuh tidak bugar. Yang ada adalah anda akan mendapat cidera bahkan kematian.

Mementingkan angkat beban daripada form latihan

Form latian sangatlah penting seperti melakukan pemanasan dll. Memiliki formula latihan akan menjadikan kita lebih terarah dan santai.

Melakukan pengangkatan beban dengan santai jangan terbawa arah. Badan akan lentur dan terbentuk dengan sendirinya.

Catatan penting di nomor empat bahwa kita harus juga mendengar pesan dari tubuh bahwa kita sudah tidak kuat jangan dipaksakan. Akan menjadi fatal ketika kejadian cedera otot bahkan menimbulkan kematian karena tidak mendengar.

Anda bisa mengikuti tips tersebut dari Binaragawan Ade Rai karena tentunya sudah dipastikan keabsahanya. Tentu menghindari hal hal yang dilarang di fitness juga terutama mendengar bahasa tubuh dan hindari Ego.