Mengenal Diet Rendah Purin, Bagus untuk Penderita Asam Urat
Apa itu diet rendah purin (Gambar Gift Habeshaw - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Diet rendah purin kerap diresepkan buat orang dengan hiperurisemia kandungan asam urat yang besar dalam darahnya yang bisa menimbulkan asam urat serta batu ginjal. Purin dalam santapan kita terurai jadi asam urat dalam badan kita, jadi kurangi diet purin menolong kurangi kandungan asam urat. Lantas apa itu diet rendah purin?

Apa itu diet asam urat?

Gout diakibatkan oleh tingginya kandungan asam urat dalam darah Kalian. Asam urat ekstra membentuk kristal tajam yang mengendap di persendian Kalian, menimbulkan pembengkakan serta perih. Namun Kalian bisa menolong kurangi jumlah asam urat dalam badan Kalian dengan melindungi pola makan rendah purin. Kurangi kandungan asam urat bisa menolong menghindari pembuatan kristal baru, kurangi serbuan asam urat.

Apa itu diet rendah purin?

Purin merupakan bahan kimia yang secara natural ditemui dalam santapan serta minuman tertentu. Dikala badan Kalian memecah bahan kimia ini, asam urat merupakan produk sampingannya. Diet rendah purin kurangi santapan serta minuman dengan isi purin paling tinggi buat kurangi asam urat. Ini pula mendesak sebagian santapan tertentu yang bisa kurangi kandungan asam urat dalam badan Kalian.

Siapa yang dapat memperoleh keuntungan dari diet rendah purin?

Siapa pun dengan kandungan asam urat besar dalam darahnya( hiperurisemia) bisa mendapatkan khasiat dari pengurangan santapan purin besar. Ini bisa menolong menghindari asam urat pada orang dengan hiperurisemia yang belum meningkatkan penyakit tersebut. Ini pula bisa menolong menghindari pertumbuhan asam urat yang terdapat serta menghindari komplikasi hiperurisemia yang lain, semacam batu ginjal. 

Makanan apa yang memperburuk asam urat?

10 makanan dan minuman teratas yang memicu asam urat adalah:

Minuman manis dan permen. Gula meja standar adalah setengah fruktosa, yang terurai menjadi asam urat. Makanan atau minuman apa pun dengan kandungan gula lebih tinggi dapat memicu asam urat.

Sirup jagung fruktosa tinggi. Ini adalah bentuk fruktosa terkonsentrasi. Jika Anda mulai melihat label, Anda akan menemukan sirup jagung fruktosa tinggi di semua jenis produk makanan kemasan yang tidak Anda duga.

Alkohol. Meskipun tidak semua minuman beralkohol tinggi purin, alkohol mencegah ginjal Anda menghilangkan asam urat, menariknya kembali ke tubuh Anda, di mana ia terus menumpuk.

Daging organ. Ini termasuk hati, roti manis babat, otak dan ginjal.

Daging permainan. Keistimewaan seperti angsa, daging sapi muda, dan daging rusa adalah salah satu alasan mengapa asam urat dikenal pada Abad Pertengahan sebagai "penyakit orang kaya".

Makanan laut tertentu, termasuk herring, scallop, remis, codfish, tuna, trout, dan haddock.

Daging merah, termasuk daging sapi, babi domba, dan bacon.

Kalkun. Daging tanpa lemak ini tetap tinggi purin. Terutama hindari olahan kalkun deli.

Saus kuah dan daging.

Ekstrak ragi dan ragi.

Jadi setelah mengetahui apa itu diet rendah purin, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!