Profil Kristian Sanjaya, Dokter Kecantikan Artis yang Tengah Berseteru dengan Oky Pratama
Kristian Sanjaya (Instagram @kristiansanjayadr)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Kristian Sanjaya belakangan sering muncul di pemberitaan setelah dirinya bermasalah dengan Oky Pratama terkait kesamaan nama klinik. Ia mengklaim sudah mendaftarkan nama BENNING jauh lebih dulu ketimbang Bening’s Clinic milik Oky Pratama.

Sedikit berbeda dari Oky Pratama yang sudah banyak dikenal banyak orang karena kerap bekerja sama dengan artis, Kristian Sanjaya memiliki pasien dari kalangan artis.

Klinik kecantikan milik Kristian yang merupakan seorang dokter, beberapa kali menangani beberapa figur publik Tanah Air. Mulai dari aktris, presenter hingga influencer.

Beberapa nama besar yang pernah ditanganinya adalah Elma Theana dan Dave Hendrik.

Berdasarkan beberapa sumber yang dihimpun, Kristian ternyata memiliki track record panjang sebagai dokter kecantikan. Pemilik klinik kecantikan yang berlokasi di Surakarta itu lahir pada 15 Desember 1981.

Melansir dari laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Kristian Sanjaya menyelesaikan Program Strata 1 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya dengan mengambil Master Anti Aging di Universitas Udayana Bali dan Pendidikan Cadaver Class di Ospital Ng Maynila, Medical Center hingga SITEC di Siriraj Hospital Bangkok dan Singapore untuk Alergan Cadaver Anatomy Class.

Di luar ilmu kedokteran, Kristian Sanjaya juga pernah menempuh pendidikan hukum. Ia dinyatakan lulus dari Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi pada tahun 2015.

Selain disibukkan dengan pekerjaannya di klinik, Kristian Sanjaya juga dikenal dengan pengetahuannya dalam dunia medik dan kemampuannya untuk berbicara dan mengajar di depan mahasiswa maupun dokter muda.

Dalam beberapa kesempatan ia diundang sebagai pembicara dan narasumber dalam seminar maupun workshop yang tidak hanya bertaraf nasional di dalam negeri, namun juga pada level Asia dan dunia.

Dilihat dari keterlibatannya dalam International Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine (International SWAM), Kristian Sanjaya terlihat memiliki jejaring luas di bidangnya, tak terkecuali dengan dokter spesialis bedah plastik dari Korea Selatan yang saat ini banyak dilirik artis Indonesia.

Dengan latar profesi dan keilmuan yang sudah dibahas di atas, Kristian Sanjaya dalam konferensi pers di Tebet, Jakarta Selatan pekan lalu mengaku punya prinsip tersendiri dalam menjalani pekerjaannya.

“Saya ingin berpraktek dengan penuh integritas dan profesionalisme untuk memberikan manfaat yang sesuai dengan bidang saya. Maksud saya adalah dengan kebulatan hati melakukan segala sesuatu sesuai dengan kaidah yang ada sebagai seorang dokter dan menjalankan profesi dengan tetap menegakkan etika sebagai seorang dokter” kata Kristian Sanjaya.

Ia meyakini bahwa profesinya sebagai dokter merupakan sesuatu yang harus dihormati, terutama oleh dokter-dokter itu sendiri.

“Saya sangat memiliki keyakinan bahwa kualitas seorang dokter ditentukan oleh kemampuannya, apalagi seorang dokter estetika ditentukan oleh rasa seni dan keahlian tangannya, bukan hanya sekedar sensasi” pungkas Kristian Sanjaya.