8 Penyebab Jamur di Pakaian
Ilustrasi menjemur pakaian (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada pakaian adalah keberadaan jamur. Kemunculannya bukan tanpa sebab dan dampaknya cukup mengganggu. Untuk menghindari hal tersebut disarankan untuk tahu apa saja penyebab jamur di pakaian agar pakaian Anda awet dan gaya fashion tetap terjaga.

Penyebab Jamur di Pakaian

Perlu diketahui, jamur di pakaian biasanya menimbulkan bercak atau noda berwarna cokelat hingga hitam. Selain itu pakaian yang terkena jamur akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Jamur ini kerap muncul di pakaian dengan berbagai bahan kain. Penyebab kemunculan jamur di pakaian adalah sebagai berikut.

  1. Baju Kotor

Kemunculan jamur di pakaian atau kain bisa disebabkan karena kondisinya yang kotor dan tak segera dicuci, baik kotor yang disebabkan karena keringat, tanah, air berwarna, dan sebagainya. Jamur juga bisatumbuh di baju kotor yang terlalu lama ditumpuk di keranjang cucian.

  1. Baju Tak Segera Dicuci Setelah Dipakai

Baju yang dipakai seharian juga berpotensi ditumbuhi jamur, apalagi jika baju tersebut berwarna putih maka jamur yang muncul akan sangat nampak terlihat. Disarankan untuk segera mencuci baju yang sudah dipakai seharian agar tetap awet dan tak ditumbuhi jamur.

  1. Baju Lembab dan Tak Kena Angin

Kelembapan pada baju sangat menunjang pertumbuhan jamur. Kemebapan sendiri bisa terjadi karena berbagai sebab, misal lembab karena keringat yang tak kering atau karena suhu ruangan. Potensi pertumbuhan jamur di pakaian makin besar jika baju lembab berada di tempat pengap atau tak terpapar angin. Disarankan untuk menggantung baju dengan hanger dan menempatkannya di area dengan sirkulasi udara lancar.

  1. Pengeringan Tidak Maksimal

Proses pencucian dan pengeringan baju yang tak berjalan baik juga mampu memicu pertumbuhan jamur. Saat mencuci baju lebih baik dilakukan sebersih mungkin untuk menghilangkan kotoran dan noda. Setelah itu lakukan pengeringan baju dengan sempurna dengan cara menjemur pakaian di tempat terbuka.

  1. Tempat Penyimpanan yang Buruk

Penyimpanan baju bisa dilakukan di almari atau tempat ruangan khusus. Saat menyimpan baju, perhatikan pula kebersihan almari atau ruangan. Hindari ruangan yang kotor, lembab, dan pengap karena akan memicu tumbuhnya jamur sehingga baju jadi tidak awet.

  1. Menggantung Pakaian di Dekat Sumber Air

Kebiasaan menggantung pakaian kadang tidak baik, terutama jika diletakkan di area sumber air seperti di kamar mandi atau di dekat penampungan air. Pasalnya, kain akan menangkap uap air sehingga memicu baju jadi lembap dan ditumbuhi jamur. Usahakan untuk menggantung baju di tempat kering, bersih, dan punya sirkulasi udara baik.

  1. Baju Kehujanan

Pernahkah Anda menjemur pakaian hingga kehujanan karena lupa mengangkatnya? Kondisi itu ternyata juga berpotensi memicu tumbuhnya jamur di baju. Untuk menanggulangi hal tersebut, proses penjemuran bisa dilaukan di luar ruangan namun tetap beratap sehingga saat musim hujan, baju yang dijemur tidak langsung basah karena hujan.

  1. Cuaca

Faktor cuaca juga berpotensi memicu tumbuhnya jamur di pakaian. Namun biasanya cuaca tertentu saja, terutama cuaca dengan kelembapan udara tinggi. Untuk menghindari kelembapan udara tinggi karena cuaca, Anda disarankan untuk memberikan kapur barus untuk menghilangkapn kelempan udara di almari.

Itulah informasi tentang penyebab jamur di pakaian. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.