Jadi <i>Doodle Google</i> Hari Ini, Berikut 5 Film Dengan Latar Danau Toba
Ngeri Ngeri Sedap (Imajinari)

Bagikan:

JAKARTA - Ada yang berbeda dari laman utama Google hari ini. Ketika kita membuka laman utamanya, terdapat gambar Danau Toba yang berasal dari Sumatera Utara.

Doodle hari ini menyorot Danau Toba sebagai danau kawah terbesar di dunia dan merupakan salah satu danau terdalam di dunia. Google menjadikan Danau Toba sebagai doodle hari ini karena tepat di tahun 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO.

Keindahan Danau Toba juga terlihat dalam sejumlah karya seni, salah satunya film. Banyak film Indonesia yang menggunakan Danau Toba sebagai latar belakang atau latar cerita dari film Indonesia.

Salah satu film, Ngeri-Ngeri Sedap bahkan menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di Academy Awards untuk kategori Best International Feature Film.

Berikut ada 5 film Indonesia yang menggunakan Danau Toba sebagai latar cerita:

Toba Dreams (2015)

Film yang dibintangi Vino G. Bastian dan Marsha Timothy ini merupakan film romansa keluarga yang turut mengambil Danau Toba sebagai latar tempat. Filmnya mengisahkan Ronggur (Vino G. Bastian) yang memiliki konflik dengan ayahnya.

Ronggur kemudian jatuh hati dengan Andini (Marsha Timothy) yang ternyata menganut keyakinan berbeda dan berasal dari suku Jawa. Ronggur yang ingin membuktikan ayahnya salah, memilih menjadi mafia narkoba dan merebut Andini dari kedua orang tuanya. Toba Dreams berhasil mendapat berbagai penghargaan ketika dirilis di bioskop.

Cahaya Cinta Pesantren (2016)

Film di tahun 2016 ini dibintangi oleh sederet aktris dan penyanyi ternama, di antaranya Yuki Kato, Febby Rastanty, Sivia Azizah, Vebby Palwinta, Rizky Febian, Fachri Muhammad, Elma Theana, dan lainnya.

Film bertema keluarga ini memilih Danau Toba sebagai salah satu lokasi syuting. Cahaya Cinta Pesantren mengisahkan seorang anak nelayan bernama Shila (Yuki Kato) yang ingin melanjutkan sekolah ke SMA favorit namun tidak lolos karena keterbatasan biaya. Shila memulai perjalanannya sebagai santri yang juga diadaptasi dari novel berjudul sama.

Pariban: Idola dari Tanah Jawa (2019)

Kebudayaan Batak tidak lepas dari Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Film Pariban: Idola dari Tanah Jawa mengisahkan pria batak bernama Moan (Ganindra Bimo) yang sukses di Jakarta namun mendapat tekanan dari sang ibu untuk menikah.

Sang ibu lalu meminta Moan untuk menemui paribannya. Pariban ini adalah sepupu yang bisa dinikahi dalam adat Batak. Moan dipertemukan dengan paribannya, Uli Silalahi (Atiqah Hasiholan) yang ternyata cantik dan membuat Moan jatuh cinta. Akan tetapi kini Moan harus berjuang karena Uli juga disukai oleh pria lain.

Nariti: Romansa Danau Toba (2022)

Keindahan Danau Toba sanggup menciptakan momen-momen romantis di dalam film. Selain Pariban, film Nariti: Romansa Danau Toba juga menyorot percintaan antara Jefrey (Bastian Steel) dan Nariti (Zoe Jackson) yang diarahkan Deden Bagaskara.

Jefrey pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan Nariti di sekolah barunya. Perlahan, Jefrey berhasil menaklukan Nariti hingga hubungan mereka dilarang oleh ibu Nariti karena ia menganggap Jefrey berbeda dengan keluarga Nariti.

Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Film Ngeri-Ngeri Sedap berhasil memboyong nominasi dan piala di tahun yang sama. Diarahkan Bene Dion, film ini mengisahkan Pak Domu (Arswendy Beningswara) dan Mak Domu (Tika Panggabean) yang merindukan ketiga anaknya yang sedang merantau sementara anak mereka, Sarma (Gita Bhebhita) tinggal bersama mereka.

Hubungan ketiga anak mereka juga tidak baik dengan Pak Domu. Suatu hari, Mak Domu merancang skenario agar ketiga anak laki-lakinya mau kembali ke rumah demi mereka. Bukannya kembali dengan damai, hubungan mereka semakin menemui konflik bagi keluarga Pak Domu.

see_also]

- https://voi.id/musik/305992/lagunya-jadi-ost-joy-ride-ramengvrl-terinspirasi-cerita-filmnya

- https://voi.id/lifestyle/305884/michael-fassbender-jadi-pembunuh-lihai-di-film-the-killer

- https://voi.id/lifestyle/305636/kasus-kopi-sianida-jessica-wongso-dalam-dokumenter-ice-cold

- https://voi.id/lifestyle/297326/vakum-6-bulan-alex-putuskan-keluar-dari-drippin

- https://voi.id/lifestyle/297185/el-barack-viral-karena-berperiaku-sopan-jessica-iskandar-itu-esensial-banget

[/see_also]