Percantik Dekorasi Ruang Tamu di Rumah dengan 8 Jenis Tanaman Hias Ini
Ilustrasi (Vladimir Gladkov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ingin mempercantik ruang tamu di rumah Anda? Mudah saja, tinggal tambahkan tanaman hias dalam ruangan sebagai dekorasi. Bukan cuma mempercantik dan membuat suasana menjadi asri, tanaman hias ini juga punya manfaat khusus yang bisa dinikmati seisi rumah.

Mari, simak langsung delapan tanaman hias dalam ruangan yang cocok untuk ruang tamu, disadur dari The Spruce, Kamis, 31 Agustus.

Dieffenbachia

The Spruce / Krystal Slagle

Dieffenbachia memiliki daun beraneka ragam yang cantik dan berwarna perak di bagian tengahnya. Tanaman ini memiliki getah yang dapat menetes dari daunnya dan bersifat racun jika tertelan, jadi simpanlah di tempat yang tidak membahayakan hewan peliharaan atau anak-anak. 

Cahaya: Cahaya sedang, hindari cahaya langsung

Air: Siram saat 2 inci bagian atas tanah terasa kering

Ukuran: Tinggi 10 kaki dan lebar 3 kaki

Snake Plant

The Spruce / Alonda Baird

Tanaman hias populer ini sangat mudah dirawat dan tersedia dalam berbagai varietas. Warnanya bervariasi tetapi sebagian besar snake plant memiliki daun bergaris hijau atau bergaris dengan pinggiran kuning atau krem.

Cahaya: Sinar matahari penuh hingga teduh

Air: Siram saat tanah benar-benar kering

Ukuran: Tinggi 3 kaki

Bird of Paradise

Artur Debat / Getty Images

Tambahkan beberapa warna pada ruang tamu dengan tanaman berbunga. Tanaman bird of paradise atau tanaman burung cendrawasih memiliki bunga berwarna oranye yang cantik. Namun, sebagian besar tanaman tidak akan berbunga sampai berumur sekitar enam tahun, jadi pastikan Anda membeli tanaman dewasa jika ingin melihat bunganya.

Cahaya: Cahaya terang dan tidak langsung

Air: Jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah

Ukuran: Tinggi 6 kaki dan lebar 4 kaki

Palem Kentia

The Spruce / Kara Riley

Pohon palem Kentia pada dasarnya adalah tanaman ruang tamu dan Anda bisa menemukannya di hampir setiap ruang tamu bergaya Victoria pada akhir tahun 1800-an. Pertumbuhannya lambat tetapi jika perlakukan dengan baik, akan terlihat menakjubkan di sudut ruangan Anda.

Cahaya: Cahaya terang dan tidak langsung

Air: Siram saat 2 inci bagian atas tanah kering

Ukuran: Tinggi 10 kaki

Sirih Gading

The Spruce / Phoebe Cheongï

Jika Anda mencari tanaman merambat yang punya umur panjang, sirih gading jawabannya. Daunnya sangat beraneka ragam dan tidak membutuhkan banyak perawatan untuk bertahan hidup. Tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan jika tertelan.

Cahaya: Cahaya terang dan tidak langsung hingga teduh parsial

Air: Siram saat 2 inci bagian atas tanah kering

Ukuran: Panjang 10 kaki

Evergreen Merah

Dafid Saputra / Getty Images

Jika Anda menyukai tanaman berwarna, tanaman evergreen merah cocok untuk ruang tamu Anda. Daun tanaman ini beraneka ragam dan warna dedaunan akan semakin cerah jika mendapat lebih banyak cahaya. Mereka beracun bagi hewan peliharaan jika tertelan.

Cahaya: Akan bekerja dengan baik dalam cahaya tidak langsung tetapi warnanya akan lebih cerah jika mendapat banyak cahaya.

Air: Siram saat 2 inci bagian atas tanah kering.

Ukuran: Tinggi 2 kaki.

Triostar Stromanthe

The Spruce / Anastasiia Tretiak

Tanaman berwarna lainnya ada triostar stromanthe. Tanaman ini akan terlihat paling bagus saat mendapat banyak cahaya. Warna daun merah muda, ungu, putih, dan hijau akan lebih menairk jika ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung.

Cahaya: Sebagian matahari

Air: Jaga agar tanah tetap lembab, tidak basah.

Ukuran: 2-3 kaki.

Kuping Gajah

Issarawat Tattong / Getty Image

Jika Anda ingin tanaman yang menonjol, pilihlah tanaman kuping gajah. Tanaman hias ini tersedia dalam berbagai variasi. Kuping gajah beracun bagi hewan peliharaan dan manusia jika tertelan.

Cahaya: Cahaya terang.

Air: Jaga agar tanah tetap lembab, tidak basah.

Ukuran: Tinggi 6 kaki dan lebar 6 kaki.