Aturan Seorang Karyawan Jika Ingin Resign Secara Baik-baik
Aturan Seorang Karyawan Jika Ingin Resign (Gambar Marten Bjork - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Secara umum, makna resign yakni mengundurkan diri ataupun menyudahi dari pekerjaan. Sebutan ini kerap kita dengan dalam dunia kerja. Pengen tahu bagaimana aturan seorang karyawan jika ingin resign secara baik - baik?

Terdapat bermacam sebab seorang dapat mengajukan resign kerja.

Oleh karena itu, pahami lebih lanjut tentang maksudnya resign, tanggal efektif, alasan, sampai cara melangsungkannya yang baik di bawah ini.

Pengertian Resign

Dilansir dari halaman Indeed Career, yang diartikan resign merupakan keadaan dikala seorang mengakhiri pekerjaan mereka dengan suatu organisasi/ perusahaan.

Berbeda dengan pemutusan hubungan kerja (PHK), pengunduran diri (resign) ialah aksi sukarela dari sang pekerja. Sedangkan PHK kala pemberi kerja mengakhiri pekerjaan, terlepas dari apakah pekerja mau mengakhirinya ataupun tidak.

Aturan Seorang Karyawan Jika Ingin Resign Secara Baik-Baik

Cara Resign yang Baik

Resign secara profesional sangat berarti buat melindungi reputasi baik seorang di industri kerja.

Dirangkum dari laman Robert Walters serta Indeed Career, ada pula panduan serta metode bila mau resign kerja yang baik yakni selaku berikut.

1. Mencari Tahu serta Ikuti Aturan Resign di Perusahaan

Cek kontrak kerja ataupun cari tahu ketentuan karyawan buat periode pemberitahuan resign yang diharapkan, baik itu 2 pekan, sebulan, ataupun lebih.

Berapa lama buat resign? pasalnya, pemberitahuan resign 2 pekan merupakan jangka waktu standar buat diberikan kepada pemberi kerja saat sebelum resign.

Tetapi, tiap perusahaan dapat mempraktikkan ketentuan pemberitahuan resign yang berbeda, seperti 30 hari ataupun 60 hari saat sebelum hari terakhir berkantor.

Bila kalian sudah menandatangani kontrak kerja, yakinkan kalian menghormati ketentuan apa pun seputar lamanya pemberitahuan. Perihal ini jadi sikap kesopanan serta profesional buat menghormati pedoman perusahaan.

2. Tulis Lewat Surat Resign serta Memberitahu Secara Langsung

Tulis surat resign dengan singkat, yang menarangkan keputusan kamu resign.

Dikala kalian mulai menulis surat, yakinkan kalian telah memastikan orang yang pas buat mengantarkan pemberitahuan, semacam manajer sumber energi manusia( SDM ataupun HR), ataupun atasan langsung kalian.

Saat sebelum menyerahkan pesan tersebut, kalian hendaknya membicarakannya terlebih dulu secara langsung kepada atasan langsung atau HR.

Berikut merupakan metode menyampaikan pengunduran diri serta sebagian perihal yang butuh disertakan dalam surat resign:

  • Pernyataan bahwa kamu mengundurkan diri
  • Tanggal efektif pengunduran diri
  • Alasan kamu resign
  • Ucapan terima kasih
  • Tanda tangan

Selalu berikan pemberitahuan tersebut dengan tatap muka. Dalam perihal ini, hendaknya pengajuan resign tidak lewat email saja. Alasannya, perihal itu dapat dikira tidak sopan.

3. Menyimpulkan serta Pekerjaan Transisi

Sehabis memberitahu atasan tentang pengunduran diri tersebut, kemungkinan besar kalian bakal mempunyai sisa waktu saat sebelum resmi pergi.

Sepanjang waktu ini, selesaikan proyek yang kalian lagi tangani serta bekerjalah dengan tetap profesional. Misalnya, dengan mendokumentasikan upaya tiap hari kalian, tempat kalian menaruh file penting, cara memakai bermacam perlengkapan, serta informasi lain yang berarti buat posisi.

Perihal ini membantu memastikan siapa pun yang mengambil alih kalian, bakal alami transisi yang mulus.

4. Bersikap Ramah serta Senantiasa Positif

Sepanjang pertemuan sehabis kalian memberitahu keputusan resign, yakinkan buat mengambil peluang buat berterima kasih kepada atasan, atas pengalaman serta peluang di pekerjaan kalian selama ini.

Jangan pernah mengeluh kepada rekan kerja, tentang ketidakpuasan kalian ataupun alibi yang lain di tempat kerja.

Jangan sempat menghina pekerjaan ataupun atasan kalian dikala ini, selama wawancara dengan calon pemberi kerja baru. Tidak hanya itu pula, jangan sempat merendahkan pekerjaanmu dikala ini di media sosial.

5. Pertahankan Status Quo sampai Hari Terakhir

Status quo merupakan keadaan saat ini serta sekarang ataupun lagi berjalan. Sebisa mungkin pertahankan status quo di tempat kerja, dikala kalian memikirkan buat memberikan pemberitahuan resign, serta apalagi bisa jadi secara aktif mencari pekerjaan lain.

6. Meminta Rekomendasi Bagus Sebelum Pergi

Mintalah saran dari atasan ataupun teman kerja saat sebelum kalian pergi. Bila kalian telah mempunyai pekerjaan, perihal ini mungkin tidak tampak penting.

Tetapi, perihal ini ialah ide yang baik buat senantiasa memiliki beberapa orang dari tiap pekerjaan sebelumnya yang bisa kalian minta rekomendasinya kala kalian memerlukan.

Menanyakan secara langsung dikala kalian masih dalam ingatan mereka, akan berarti mereka bakal lebih cenderung menjawab permintaan referensi dengan baik di kesempatan mendatang.

Jadi setelah mengetahui aturan seorang karyawan jika ingin resign, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!