7 Tips Memadukan Sepatu Balet untuk Tampil Minimalis
Ilustrasi tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepatu balet tanpa heels populer dari panggung. Berbeda dengan jenis sepatu lainnya yang lahir dari mode atau pameran busana. Sepatu balet, dipakai para balerina supaya memungkinkan gerak kaki yang rumit. Di panggung tari, sepatu ini dikenalkan balerina pertama pada tahun 1700-an di Prancis, Marie Camargo. Salvatore Capezio membuka toko di seberang Metropolitan Opera House untuk mendesain sandal balet dengan tinggi tertentu. Pada 1900-an, desaider Claire McCardell menugaskan Capezio untuk membuat sepatu flat versi di luar panggung. Kemudian sepatu balet muncul hingga dikenal populer.

Sepatu ini populer lalu tenggelam dan banyak dipakai lagi pada 2010-an. Saat itu para selebriti terlihat memakai blazer dan celana skinny dipasangkan dengan selatu balet flat. Kemudian, Miu Miu pada 2016 meluncurkan versi flat ballet dan dipakai pesohor seperti Rihanna hingga Taylor Swift. Tren mengenakan sepatu flat dengan desain minimalis ini, muncul kembali tahun ini. Untuk tampil cantik dengan sepatu minimalis ini, ikuti tips berikut.

1. Pilih struktur yang tepat

Ketika suhu rendah, flat shoes seperti sepatu balet mungkin perlu dipilih struktur yang membuat kaki lebih hangat. Anda bisa menambahkan kaus kaki. Bisa pula memilih berbagai struktur bagian depan yang pas dengan bentuk kaki. Ada yang ujungnya bulat, persegi, atau lancip. Karena ada banyak sekali gaya sepatu balet yang tren saat ini, Anda perlu memilih mana yang tepat dan nyaman dengan struktur kaki Anda.

tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis
Ilustrasi tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis (Freepik)

2. Padukan dengan cropped jeans untuk menciptakan siluet kaki lurus

Cara terbaik untuk tampil cantik dengan sepatu balet adalah dengan memperlihatkan sebagian pergelangan kaki. Maka pilih sepasang sepatu yang pas untuk memperlihatkan tulang pergelangan kaki. Pilih pula celana yang memungkinkan gaya tersebut. Skinny jeans mungkin bisa jadi pilihan tetapi akan terlihat lekukan kaki dengan tegas. Untuk menciptakan siluet kaki lurus, Anda bisa memilih mengenakan celana cropped jeans yang ujungnya berakhir di mata kaki sehingga pergelangan kaki bisa terlihat.

3. Perhatikan keliman celana flare

Jika Anda tidak suka bawahan celana yang ketat atau lebih menyukai bagian bawah flare atau lebar, penting untuk memastikan panjangnya tepat. Pilih gaya yang hanya menyentuh bagian atas kaki Anda tanpa menggenang, sehingga sepatu Anda tidak hilang di bawah kain.

4. Pilih panjang rok medium supaya tak terlihat kekanak-kanakan

Rok mini dan sepatu balet akan terlihat kekanakan jika tak dipadukan secara tepat. Begitupun ketika memadukan sepatu balet dengan rok maxi, yang bisa terlihat berantakan kalau panjang rok terlalu pendek. Artinya, pilih panjang rok midi supaya menciptakan keseimbangan yang tepat.

tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis
Ilustrasi tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis (Freepik/rawpixel.com)

5. Gunakan sepatu flat ujung runcing untuk tampil basic

Anda ingin tampil sederhana dengan komposisi seimbang, bisa memakai setelan denim dengan sepatu flat ujung runcing. Sepatu datar berujung lancip, bisa memperlihatkan penampilan yang halus. Kalau Anda ingin menambahkan tas yang Anggun, bisa dengan pilihan kombinasi ini.

6. Padukan sepatu Mary Jane dengan setelan boiler

Setelan boiler dikenal sebagai baju overall yang longgar dan menutupi seluruh tubuh kecuali kepala, tangan, dan kaki. Setelan ini bisa sempurna apabila dipadukan dengan sepatu datar Mary Jane. Nah, sepatu dengan tali pada punggung kaki ini, cukup membuat Anda tampil chic.

7. Pakai palet warna monokrom untuk penampilan formal

Anda bisa mengenakan sepatu balet saat ke kantor. Kuncinya, pilih warna monokrom untuk meminimalisir risiko. Misalnya, mengenakan setelan berwarna hitam dengan sepatu balet tanpa hak berwarna serupa. Nah, untuk tas bisa berkreasi lebih dengan warna-warna kontras, seperti putih atau hijau.

tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis
Ilustrasi tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis (Freepik/halayalex)

Itulah ketujuh tips memadukan sepatu balet untuk tampil minimalis. Paling harus dihindari, jangan memadukan sepatu flat dengan celana terlalu panjang. Batas panjang celana ialah mata kaki, jangan sampai bagian bawah menggenang dan jatuh hingga menyapu lantai. Memakai celana terlalu panjang juga membuat Anda terlihat lebih pendek. Penampilan juga bisa semrawut jika sepatu balet tidak dipadukan dengan pakaian minimalis.

Terkait