6 Alasan Mengapa Rasa Hormat Itu Penting dalam Suatu Hubungan
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat menjalani kehidupan sebagai pasangan, pernahkah Anda memikirkan hal lain, selain cinta, yang menjadi sangat penting dalam menjaga keutuhan hubungan?

Ya, banyak orang yang berasal dari latar belakang berbeda mengatakan bahwa cinta bukanlah satu-satunya hal penting dalam sebuah hubungan. Meski berfungsi sebagai landasan inti dari ikatan, tetapi cinta tidak harus jadi satu-satunya elemen kunci keberhasilan suatu hubungan.

Rasa hormat merupakan hal lain yang penting ada dalam sebuah hubungan selain cinta. Lantas, kenapa harus rasa hormat, bukan hal lain? Dilansir dari laman Inspiring Tips, Selasa, 3 Oktober, berikut alasan mengapa pentingnya rasa menghormati pasangan dalam hubungan.

1. Rasa hormat mengajarkan melihat kebaikan dan belajar menerima yang buruk

Saat jatuh cinta dengan seseorang, yang Anda lihat hanyalah kualitas terbaiknya, baik luar maupun dalam. Pada saat yang sama, Anda mengesampingkan kekurangan dan kelemahan mereka, dan menoleransinya sebisa Anda. Rasa hormat tidak berjalan seperti itu.

Ketika menghormati orang yang dipilih untuk menjalin hubungan bersama, Anda akan menerima keindahan dan kekurangan orang tersebut, pahit dan manisnya, serta baik dan buruknya. Dari penerimaan tersebut, Anda berdua belajar menyesuaikan diri dengan sistem masing-masing dan menghasilkan kompromi yang dapat dijalani. Ditumbangkan oleh cinta, rasa hormat berfungsi sebagai bahan bakar untuk menjaga hubungan tetap berjalan.

2. Rasa hormat mengajarkan nilai kesabaran, terutama terhadap pasangan

Memang sulit bersabar dalam menjalin hubungan, apalagi kalau Anda tidak terbiasa dengan kekurangan dan sikap pasangan Anda. Selain itu, sering kali Anda merasa telah banyak berinvestasi pada pasangan dan hubungan Anda. Sehingga kapan pun konflik muncul, Anda cenderung mengungkapkan pemikiran tersebut dan tak peduli jika itu harus mengorbankan hubungan sekalipun.

Namun dengan rasa hormat, Anda belajar bersabar, tidak hanya terhadap pasangan, tetapi juga terhadap diri Anda sendiri. Anda belajar menyadari bahwa tidak satupun dari Anda yang sempurna dan Anda juga harus bersabar dalam menghadapi situasi yang tidak terduga. Seperti kata pepatah, cinta itu sabar. Dan rasa hormat itulah yang mengajarkan Anda bagaimana bersabar.

3. Rasa hormat memungkinkan lebih banyak toleransi, bahkan ketika harus berpisah

Jika Anda melakukan survei terhadap pasangan suami istri tentang bagaimana membuat pernikahan bertahan lama, maka cinta bukanlah satu-satunya jawaban. Rasa hormat jadi kunci utama yang perlu ditanamkan.

Ini karena cinta cenderung memudar seiring berjalannya waktu. Sedangkan tidak dengan rasa hormat. Dengan rasa hormat, Anda dapat belajar menerima kenyataan pahit tentang pasangan dan hubungan Anda. Dan dari sana Anda dapat tetap bersatu dan menemukan cara untuk melanjutkan hubungan dan membuat segala sesuatunya berjalan baik.

4. Dengan rasa hormat, Anda tidak akan tergoda melakukan hal-hal yang dapat merusak hubungan

Meski dan pasangan saling jatuh cinta, ada kalanya Anda tergoda melakukan hal-hal yang mungkin menyakiti perasaan pasangan. Bisa jadi godaan tersebut adalah perselingkuhan.

Namun, jika menghormati pasangan dan hubungan, Anda bahkan tidak akan berpikir untuk selingkuh atau melakukan tindakan menyakitkan lainnya, karena Anda tahu batasan dan dampak dari tindakan tersebut. Anda akan lebih khawatir tentang bagaimana kalian harus tumbuh tidak hanya sebagai pasangan tetapi sebagai individu yang telah memutuskan tetap bersama dalam suka dan duka.

5. Rasa hormat memupuk kepercayaan

Saat menghormati seseorang, Anda juga mengenali kemampuan dan keterbatasannya. Pada saat yang sama, Anda menjunjung tinggi kualitas mereka dan memberi kepercayaan besar untuk menghadapi situasi dengan cara yang seharusnya mereka tangani. Hal yang sama berlaku untuk pasangan dalam suatu hubungan. Ketika mereka menghormati satu sama lain, mereka juga mempercayai kesejahteraan masing-masing. Dan bahwa mereka tidak akan melakukan hal-hal yang mungkin menyakiti salah satu atau keduanya dengan sengaja.

Namun, rasa percaya juga diperkuat oleh cinta. Itulah sebabnya Anda percaya pada pasangan. Ini juga alasan mengapa Anda merasa sangat terluka ketika pasangan merusak kepercayaan. Tidak hanya itu, ketika kepercayaan dirusak, Anda juga kehilangan rasa hormat terhadap pasangan.

6. Rasa hormat melahirkan cinta sejati

Terakhir, rasa hormat melahirkan jenis cinta yang melampaui romansa. Menimbulkan cinta yang memahami dan menerima, cinta yang rela bertahan dan rela melepaskan, cinta yang bertahan lama dan mengatasi segala keraguan dan konflik yang dialami.

Jika Anda telah memupuk rasa hormat satu sama lain, maka sedikit tidaknya akan menghasilkan kesediaan melanjutkan hidup bersama dan inilah yang dinamakan dengan cinta sejati. Rasa hormat adalah hal yang juga penting dalam hubungan. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda menghadapi tantangan hidup berdua dengan pasangan. Perkaya rasa hormat dengan cinta, kepercayaan, dan kesabaran, maka Anda tahu bahwa hubungan yang sedang dibina pantas dipertahankan.