5 Sarapan Tinggi Protein yang Enggak Mengandung Telur, Cocok Dikonsumsi saat Diet
Ilustrasi (Zo Willibrord/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tubuh membutuhkan protein di pagi hari untuk memberi makan otot yang bekerja keras dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Meskipun telur adalah pilihan populer, untuk alasan yang baik, makan telur setiap hari saat sarapan bisa membuat Anda cepat lelah.

Makanan protein tak harus selalu berupa telur. Ada banyak pilihan protein berkualitas tinggi lain yang juga memberi manfaat bagi tubuh Anda.

Quinoa Oatmeal

Quinoa dan biji-bijian lainnya dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, menurut USDA. 

“Quinoa memiliki lebih banyak protein daripada oatmeal dan bahkan dapat dimasak dan dibekukan terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat membuat resep ini dengan waktu dan persiapan yang minimal,” kata Elise Harlow, RDN, ahli nutrisi dilansir dari Livestrong, Selasa, 24 Oktober.

Anda bisa menambah topping buah-buahan untuk memberi rasa manis sekaligus mendapat manfaat serat dari buah yang dikonsumsi.

Orak-arik Tahu dan tempe panggang

Anda tidak perlu menjadi seorang vegan untuk menikmati mangkuk sarapan super gurih dan kaya protein ini. Kunyit kaya antioksidan, memberi tahu warna kuning keemasan, sementara tempe menghasilkan zat besi dan protein dalam dosis yang baik, menurut USDA. Menambahkan sayuran seperti bawang bombay dan kangkung dapat menambah nutrisi pada hidangan ini, kata Harlow.

Peach parfait

Tergantung pada jenis yang Anda beli, greek yogurt bisa jadi sumber protein yang bagus. Saat berbelanja bahan makanan, baca labelnya dan cari yogurt tanpa tambahan gula. Anda bisa memperkaya rasa parfait dengan buah-buahan yang lezat. Menambahkan serat ekstra dapat membuat Anda kenyang hingga waktu makan siang.

Protein Chia Pudding

Puding lezat ini mengandung 19 gram protein yang berasal dari yogurt dan bubuk protein. Selain teksturnya yang lembut, biji chia juga menyediakan sumber lemak omega-3 sehat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurut American Heart Association. Asam lemak omega-3 tersebut juga dapat membantu melawan peradangan, kata Harlow.

Roti panggang alpukat dengan keju dan tomat

Untuk keju cottage, carilah variasi tanpa kandungan garam, sehingga Anda bisa lebih fleksibel menambah topping yang rasanya bisa disesuaikan dengan selera Anda. Misalnya saja alpukat. Alpukat merupakan kombinasi cerdas yang dapat memberi rasa kenyang. Selain itu juga membantu penyerapan likopen, antioksidan kuat yang ditemukan dalam tomat.