9 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Ambeien
Ilustrasi ambeien (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat Anda menderita ambeien, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan. Hal itu dilakukan agar gejala yang dialami tak semakin parah. Lalu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ambeien?

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Ambeien

Dikutip dari AI Care, hemoroid atau ambeien adalah gangguan kesehatan berupa sebuah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami pembengkakan di usus besar bagian lubang anus atau dubur. Di masyarakat umum ambeien juga dikenal dengan nama wasir atau bawasir.

Saat seseorang mengalami ambeien, perubahan gaya hidup sehat sangat dianjurkan terutama dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita wasir atau ameien adalah sebagai berikut.

  1. Makanan Pedas

Jika Anda menderita ambeien sebisa mungkin menghindari makanan pedas, baik dalam bentuk bubuk maupun cabai utuh. Hal ini dilakukan karena setelah makan pedas biasanya muncul rasa mulas hingga terpaksa BAB secara sering. Setelah BAB anus biasanya juga terasa panas akibat efek cabai. Hal ini tentu akan memperparah rasa nyeri di anus.

  1. Makanan Asin

Garam dapat mengikat air yang ada dalam tubuh. Jika terlalu banyak makan makanan asin maka volume darah akan meningkat dan menambah tekanan di pembuluh darah termasuk di bagian bawah. Kondisi ini dikhawatirkan memperburuk rasa sakit karena ambeien.

  1. Junk Food

Junk food tidak hanya tinggi garam namun juga rendah serat. Jika terlalu sering mengonsumsi junk food dikhawatirkan terjadi sembelit hingga memperburuk ambeien. Sebaliknya, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur tinggi serat.

  1. Daging Merah

Penderita ambeien tidak dianjurkan makan daging merah karena makanan tersebut cukup sulit dicerna. Bahkan saat Anda BAB akan muncul bercak darah di tinja hingga berujung pada sembelit. Pada penderita ambeien kondisi tersebut akan sangat menyiksa. Hindari makan daging merah atau makanan yang mengandung lemak tinggi.

  1. Keju

Keju ternyata dinyatakan sebagai makanan yang tidak boleh dimakan penderita ambeien. Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), produk dari susu ini mengandung laktosa tinggi yang berisiko membuat kulit area anus iritasi. Kondisi ini tentu memperburuk kondisi ambeien.

  1. Makanan Mengandung Asam Tinggi

Jika Anda menderita ambeien hindari makanan mengandung asam tinggi termasuk buah seperti lemon atau jeruk. Asam dalam makanan tersebut berpotensi memicu diare yang akan membuat gejala ambeien makin buruk.

  1. Roti atau Produk Beku

Dua jenis makanan ini berpotensi memicu sembelit sehingga BAB jadi sulit. Saat itu terjadi Anda harus mengejan untuk mengeluarkan feses lewat anus. Tentu proses BAB jadi sangat menyiksa bagi para penderita Ambeien. Sebisa mungking menghindari makanan yang memicu feses jadi keras.

  1. Suplemen Zat Besi dan Zinc

Mengonsumsi seplemen yang mengandung zat besi dan zinc harus segera dihentikan saat Anda menderita ambeien. Keduanya sama-sama memicu masalah pencernaan sehingga berpotensi memperburuk gejala ambeien. Jika terpaksa mengonsumsi salah satu atau keduanya, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

  1. Kafein dan Alkohol

Bagi sebagian orang, kafein dan alkohol kadang dijadikan sebagai bahan campuran masakan. Keduanya tak masalah dikonsumsi namun sebaiknya dihindari saat mengalami ambeien. Baik kafein maupun alkohol akan membuat feses jadi keras sehingga BAB jadi susah.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ambeien. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.