Kucing Makan Telur Ayam, Bolehkah? Ketahui Cara Memasaknya agar Tak Berdampak Buruk
Ilustrasi kucing makan telur ayam (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Beberapa makanan yang kita makan, tidak bisa diberikan pada kucing. Termasuk telur yang pada prinsipnya menyehatkan tetapi perhatikan cara memasaknya supaya tidak berdampak buruk pada kesehatan anabul kesayangan.

Telur adalah sumber protein dan lemak yang baik. Kucing sebagian besar makanannya mengandung protein hewani. Namun telur tidak direkomendasikan sebagai satu-satunya sumber protein untuk kucing. Sesekali diberikan boleh, asalkan hanya sebagai tambahan makanan pokoknya.

Putih telur mengandung protein tanpa lemak. Sedangkan kuning telur, sebagian besar mengandung lemak dan sedikit protein. Jadi kalau memberikan telur ayam pada kucing, mungkin akan meningkatkan kandungan lemak dalam makanannya. Meskipun pada dasarnya boleh dimakan tetapi harus dimasak terlebih dahulu. Cara memasak telur untuk kucing, pertama digoreng atau dibuat orak-orik tanpa tambahan garam dan bumbu. Bisa juga direbus namun harus dipertimbangkan sejumlah apa makanan pokoknya diberikan. Melansir PetMD, Kamis, 26 Oktober, sebelum memberikan telur pada kucing kesayangan, baiknya konsultasikan dahulu pada dokter hewan Anda.

kucing makan telur ayam
Ilustrasi kucing makan telur ayam (Freepik)

Telur orak-arik atau telur rebus, kalau diberikan pada kucing bersama bagian kuningnya, akan memiliki kandungan lemak lebih tinggi. Ini meningkatkan risiko kucing mengalami obesitas. Selain itu, kucing yang terlalu banyak makan makanan berlemak dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI) dan pankreatitis. Oleh karena itu, memberikan putih telurnya saja akan mengurangi risiko kucing mengalami dampak buruk tersebut. Putih telur hampir tidak mengandung lemak, menjadikannya sumber protein yang lebih baik untuk kucing Anda.

Menurut Centers for Disease Control, makan telur mentah dapat meningkatkan risiko terinfeksi bakteri salmonella. Maka, baiknya tidak memberikan telur mentah pada kucing. Ini juga menyebabkan gejala GI seperti muntah dan diare.

Memberikan putih telur yang dimasak pada anak kucing hanya boleh dalam jumlah sedikit. Telur juga tidak boleh menjadi satu-satunya makanan bagi anak kucing karena mereka membutuhkan makanan lengkap dan diformulasikan untuk pertumbuhan. Lantas berapa banyak putih telur bisa diberikan pada kucing? Sebagai makanan tambahan, putih telur yang telah dimasak bisa diberikan sebanyak 1 sendok makan. Ini bisa menambah jumlah protein yang mereka makan.