Kapan Hasil Diet Bisa Terlihat? Ini Tanda-Tanda Penurunan Berat Badan Berjalan Sukses
Kapan hasil diet terlihat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap orang dapat mencapai keberhasilan diet dengan rentang waktu yang berbeda-beda. Menjalani program diet untuk menurunkan berat badan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kapan hasil diet terlihat bisa diukur atau diketahui dari beberapa ciri berat badan yang mulai berkurang. 

Banyak orang diet yang tidak sabar menantikan tubuhnya jadi lebih langsung atau berat badan turun. Padahal kunci utama dari program diet yang sukses adalah kesabaran dan konsisten. Selain itu, kesuksesan sebuah diet juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti pola makan dan gaya hidup. 

Perlu diingat bahwa penurunan berat badan tidak terjadi secara langsung atau drastis, namun mengalami perubahan secara perlahan. Lantas kapan hasil diet terlihat dan seperti apa ciri-cirinya? 

Kapan Hasil Diet Bisa Terlihat?

Pada saat menjalani program diet, pada minggu pertama memang tidak akan terasa perubahan besar pada tubuh. Biasanya perubahan baru mulai muncul atau terasa pada minggu kedua hingga minggu ketiga, seperti badan yang menjadi lebih enteng. Kemudian pada minggu keempat, berat badan akan mulai turun cukup signifikan. 

Meski orang diet dituntut untuk bersabar, namun tetap[ perlu tahu ciri-ciri perubahan tubuh untuk terus memantau keberhasilan diet. Tanda-tanda kesuksesan diet tidak hanya tampak dari segi fisik, namun juga dapat dilihat dari faktor lainnya.

Berikut ini beberapa ciri program diet berjalan baik atau berhasil yang bisa Anda jadikan patokan:

Pakaian Jadi Lebih Longgar

Salah satu tanda yang paling nampak untuk melihat keberhasilan program diet adalah ketika pakaian jadi lebih longgar. Apabila pakaian seperti baju dan celana yang Anda kenakan terasa longgar, maka menunjukkan bahwa terjadi penurunan ukuran tubuh. Penurunan berat badan paling signifikan terletak di bagian lingkar pinggang dan perut. 

Otot Lebih Kencang

Tanda lain yang menunjukkan program diet berjalan baik adalah otot menjadi lebih kencang. Namun perlu diingat bahwa seberapa cepat pembentukan otot dipengaruhi oleh jenis olahraga yang dilakukan. Selain itu, pembentukan massa otot juga ditentukan dari intensitas aktivitas fisik yang dijalani. 

Jarang Merasa Lapar

Apabila setelah beberapa minggu menjalani program diet dan Anda menjadi jarang merasa lapar, maka bisa jadi tanda diet berhasil. Ketika selama menjalani diet Anda lebik banyak mengonsumsi protein dan mengurangi asupan lemak serta karbohidrat, maka Anda kemungkinan akan mudah merasa kenyang lebih lama. Kebiasaan ini akan membuat sistem biologis tubuh Anda jadi jarang merasa lapar. 

Tekanan Darah Menurun

Tekanan darah yang menurun juga bisa menjadi ciri-ciri bahwa program diet Anda berjalan dengan baik. Seperti yang diketahui bahwa kelebihan berat badan akan menimbulkan dapak negatif pada tekanan darah. Orang yang memiliki berat badan berlebih akan rentang mengalami tekanan darah tinggi. Jadi ketika program diet Anda berhasil maka tekanan darah juga akan menurun. 

Rasa Nyeri Berkurang

Saat Anda mengalami kelebihan berat badan maka tubuh akan mudah merasa nyeri. Rasa nyeri biasanya terletak di kaki atau punggung bahwa karena menjadi bagian yang menahan beban tubuh. Ketika program diet berjalan baik maka rasa nyeri pun perlahan turut berkurang. 

Merasa Lebih Baik secara Psikis

Tanda lainnya yang bisa menunjukkan program diet berjalan lancar adalah kondisi psikis yang lebih baik. Berdasarkan sebuah studi, orang yang melakukan diet akan lebih bisa menahan dan mengontrol diri dari emosi sedih, cemas, dan depresi. 

Demikianlah ulasan mengenai kapan hasil diet terlihat dan ciri-cirinya yang bisa dijadikan patokan. Rentang waktu keberhasilan diet setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari konsistensi dan gaya hidup yang dijalani. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.