5 Gerakan Senam Ibu Hamil yang Aman dan Punya Banyak Manfaat untuk Persalinan
Ilustrasi senam ibu hamil (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ibu hamil disarankan untuk melakukan senam. Pasalnya gerakan senam ibu hamil memiliki beragam manfaat seperti membantu ibu beradaptasi dengan berat badan, mengurangi rasa sakit badan selama hamil, hingga melancarkan persalinan.

Gerakan Senam Ibu Hamil

Senam ibu hamil adalah gerakan fisik yang dikhususkan untuk ibu di masa kehamilan dengan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kenyamanan hingga keselamatan pada ibu dan janin. Gerakan senam ini berbeda dengan senam lain yang dilakukan oleh orang normal. Beberapa gerakan senam ibu hamil yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Senam Duduk Sila

Gerakan ini sangat mudah dilakukan oleh ibu hamil. Senam dilakukan dengan cara duduk bersila dengan menggerakkan tubuh secara ringan. Gerakan yang dilakukan misalnya menggelengkan kepala ke arah kanan dan kiri masing-masing 3 kali. Setelah itu tengokkan kepala ke kanan dan kiri masing-masing 3 kali, lalu menundukkan kepala dan menengadahkan kepala masing-masing 3 kali. Selain kepala, ibu hamil juga bisa menggerakkan bahu ke arah naik-turun.

  1. Senam Jongkok

Gerakan ini akan membantu menguatkan otot panggul dan paha ibu hamil. Selain itu senam ini membantu meregangkan otot di area pinggul. Cara senam jongkok ibu hamil adalah dengan berdiri lalu luruskan posisi puggung. Setelah itu turun pelan-pelan hingga posisi jongkok dan tahan selama 10 detik. Setelah itu angkat tubuh hingga posisi berdiri.

  1. Senam Kupu-kupu

Senam kupu-kupu ibu hamil bermanfaat untuk meregangkan otot panggul dan paha serta mengurangi nyeri di bagian punggung bawah. Cara melakukan senam kupu-kupu ibu hamil adalah dengan meluruskan punggung lalu merapatkannya ke dinding, sedangkan dua telapak kaki saling bersentuhan. Lalu dorong lutut hingga rapat ke lantai dan tahan selama 10 detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali agar otot lebih lentur.

  1. Child Pose

Senam ibu hamil child pose dilakukan dengan bantuan pasangan yang bertugas untuk memijat area pinggang dan punggung. Gerakan ini dilakukan dengan cara duduk di lantai lalu rentangkan tangan ke arah depan semaksimal mungkin. Tangan juga harus menyentuh lantai.

  1. Goddess Pose

Cara melakukan goddes pose ibu hamil adalah dengan melebarkan kaki, gerakkan panggul ke atas-ke bawah. Gerakan ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah memperkuat tubuh bawah mulai dari punggung, panggul, hingga paha dalam.Selain itu juga membantu melancarkan proses kelahiran bayi.

Itulah beberapa gerakan senam ibu hamil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.