7 Tanaman Hias yang Cocok di Ruang Kerja agar Estetik dan Fresh
Tanaman hias yang cocok di ruang kerja (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tanaman hias dapat digunakan untuk mempercantik ruang kerja agar tampak lebih estetik dan indah. Selain itu, adanya tanaman hias di working space juga membuat suasana kerja lebih fresh dan sejuk. Lantas apa saja tanaman hias yang cocok di ruang kerja sebagai dekorasi tambahan. 

Adanya tanaman hias di meja kerja juga mampu membuat Anda lebih nyaman dan makin bersemangat saat bekerja. Namun tidak semua jenis tanaman bisa diletakkan di tempat indoor atau dalam ruangan karena membutuhkan cahaya matahari. Jika Anda ingin membuat working space lebih cantik, ada beberapa tanaman hias yang cocok di ruang kerja untuk Anda pilih. 

Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok di Ruang Kerja

Beberapa tanaman hias mampu hidup dan tumbuh di dalam ruangan tanpa memerlukan cahaya matahari. Berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk ditaruh di ruang kerja:

Jade Plant

Salah satu tanaman hias yang direkomendasikan untuk mempercantik meja kerja adalah jade plant. Tanaman ini hanya membutuhkan pencahayaan sedang selama beberapa jam setiap harinya, sehingga tidak membutuhkan cahaya matahari. 

Jade plant bisa ditempatkan di dalam ruangan atau meja kerja Anda. Lantaran tanah atau media tanamnya harus kering sebelum disiram, Anda perlu mengetes kelembaban tanah selama beberapa detik setiap pagi.

Sirih Gading

Sirih gading menjadi salah satu tanaman yang populer untuk menghiasi meja kerja. Tanaman hias ini banyak ditemui di ruang perkantoran maupun rumah-rumah. Tanaman ini bisa hidup di dalam ruangan dan mudah dirawat tanpa perlu terkena sinar matahari langsung. 

Anda bisa menanam sirih gading langsung di media air. Untuk mempercantik working space Anda, letakkan tanaman ini di meja kerja ataupun rak buku.

Kaktus

Tanaman lainnya yang paling sering dipilih untuk dekorasi meja kerja adalah kaktus. Terdapat lebih dari 2.000 jenis kaktus dengan tampilan dan warna menarik yang berbeda-beda. Semua jenis kaktus cocok ditaruh untuk memperindah kantor atau ruang kerja. Selain itu, kaktus sangat mudah dirawat karena hanya memerlukan sedikit air untuk hidup.

Tillandsia

Tillandsia juga bisa Anda pilih untuk diletakkan di meja kerja agar tampak lebih estetik. Tanaman dengan bentuk mirip laba-laba ini bisa tumbuh dan hidup di indoor. Selain itu, tanaman ini tidak membutuhkan tanah atau media tanam untuk hidup. Anda hanya perlu menyirami atau merendam tanaman ini selama dua hingga tiga jam setiap 10 hari.

Palem Bambu

Palem bambu juga cukup digemari oleh banyak orang sebagai penghias meja kerja. Khususnya jika ruangan kerja atau working space Anda cukup besar. Anda  bisa meletakkan palem bambu di sudut ruangan atau di samping meja. 

Tanaman palem bambu hanya membutuhkan sedikit cahaya sehingga bisa bertahan hidup di dalam ruangan. Lantaran proses pertumbuhannya sangat cepat, Anad harus rutin memangkas daunnya agar tetap terlihat rapi. Selain menghadirkan kesan hijau, tanaman ini juga dapat menghisap racun atau polusi di udara untuk menjaga udara di ruang kerja Anda.

Lemon Balm

Tanaman hias lainnya yang bisa Anda pilih untuk mengisi meja kerja Anda adalah lemon balm. Tanaman dari famili Mint ini tak hanya mempercantik working space Anda, tetapi juga mengeluarkan aroma menenangkan yang mampu meningkatkan mood atau suasana hati. 

Selain itu, tanaman lemon balm juga dapat menjadi campuran minuman untuk menambah kesegaran. Namun berbeda dengan tanaman indoor lain yang tahan kering, lemon balm membutuhkan sedikit kelembaban. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiraminya secara rutin setiap hari.

Aglonema Merah

Aglonema merah juga menjadi tanaman hias yang menarik untuk diletakkan di meja kerja. Tanaman ini cukup populer dan diminati banyak orang karena memiliki warna daun yang unik. Aglonema memiliki warna batang dan daun merah muda, sehingga akan membuat meja kerja Anda tampak lebih indah. 

Demikianlah beberapa tanaman hias yang cocok di ruang kerja untuk mempercantik working space Anda. Menaruh tanaman hias tidak hanya meningkatkan kesan estetik pada ruang kerja, namun juga menghadirkan kesejukan dan kesegaran. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.