5 Tips Tetap Bugar Menikmati Liburan Akhir Tahun
Ilustrasi tips tetap bugar menikmati liburan akhir tahun (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Liburan akhir tahun identik dengan menikmati makanan nikmat bersama keluarga dan jalan-jalan mencicipi kuliner khas destinasi liburan. Dalam momen menyenangkan tersebut, kecemasan seputar kenaikan berat badan juga mungkin terlintas. Lagi pula, makan bersama kerap bikin lupa diri sehingga tak peduli seberapa porsi kalori yang dikonsumsi. Belum lagi minuman dan makanan penutup yang manis. Nah, untuk tetap bugar dan berat badan terkontrol selama liburan akhir tahun, ikuti tips berikut.

1. Pertahankan rutinitas Anda

Tak ada alasan untuk berhenti olahraga ketika liburan. Anda bisa menyempatkan waktu rutin olahraga pada waktu luang. Seperti untuk jalan pagi atau mengikuti kelas semi privat setelah pesta. Paling penting, pertahankan rutinitas bergerak dan olahraga. Jangan sampai Anda melewatkan sesi olahraga tanpa menggantinya di lain waktu.

2. Lebih banyak makan sayuran dan protein tanpa lemak

Cerdas dalam memilih menu yang dikonsumsi adalah kunci tetap bugar saat liburan akhir tahun. Jika makanan ringan terlihat berselimut keju, sebisa mungkin menghindarlah. Apabila sulit, ambillah secubit untuk melunaskan penasaran. Anda bisa memilih memanjakan diri dengan menu-menu yang mendukung keburan tubuh. Seperti makan lebih banyak sayuran, buah, dan protein tanpa lemak. Sebisa mungkin, hitung kalori makanan yang dikonsumsi.

tips tetap bugar menikmati liburan akhir tahun
Ilustrasi tips tetap bugar menikmati liburan akhir tahun (Freepik)

3. Kontrol porsi

Lapar mata adalah tantangan ketika meja makan dipenuhi hidangan nikmat. Atau menu-menu kuliner destinasi liburan Anda yang cukup variatif melemahkan niat untuk berdiet? Anda boleh mencicipinya, tetapi ingatlah untuk tetap mengontrol porsi. Lebih sedikit yang dimakan, akan lebih baik.

4. Bersenang-senang di tengah pesta

Minuman soda kerap hadir untuk menghangatkan suasana pesta. Belum lagi wine atau minuman alkohol lain yang tentu saja mengandung glukosa. Anda bisa meminumnya, namun kontrol jumlahnya. Minuman paling sehat adalah air mineral. Namun Anda tetap bisa bersenang-senang di tengah pesta ketika musik dansa diputar. Ikutlah dan Anda bisa membakar kalori ekstra.

5. Pastikan tetap terhidrasi cukup

Jika Anda merasa lapar tetapi memilih membatasi jumlah kalori, cukup minum air putih. Melansir laman Muscle&Fitness, Kamis, 14 Desember, air membuat Anda kenyang dan meningkatkan metabolisme.

DI atas merupakan kelima tips tetap bugar menikmati liburan akhir tahun. Anda bisa tetap menjalankan pola hidup sehat dengan mendapatkan istirahat cukup, pilih makan yagn sehat, dan pastikan menjalani rutinitas bergerak atau olahraga.