Alasan Semangka Baik Untuk Penderita Asam Urat Sehingga Aman Dikonsumsi Rutin
Ilustrasi semangka (Pexels-Miriam Alonso)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi buah semangka untuk mengurangi gejala dan menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa alasan semangka baik untuk penderita asam urat salah satunya karena kandungan air yang ada pada buah semangka.

Alasan Semangka Baik Untuk Penderita Asam Uratke

Buah semangka memang memiliki air yang cukup banyak dibanding jenis buah-buahan lain. Artikel ini akan menjelaskan mengapa semangka baik untuk asam urat.

  1. Mengandung Cukup Banyak Air

Kandungan air pada buah semangkan sangat banyak bahkan mencapai 92 persen. Di sisi lain, pengelolaan kadar asam urat dapat terkontrol dengan cairan. Penderita asam urat disarankan untuk banyak mengonsumsi cairan untuk mengencerkan asam urat sekaligus membantu ginjal bekerja dengan baik sehingga limbah metabolisme bisa disaring dan dibuang.

  1. Kandungan Purin yang Rendah

Tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, khususnya buah yang tinggi purin seperti durian, rambutan, nangka, dan nanas. Berbeda dengan semangka yang rendah purin. Artinya semangka aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Disarankan untuk penderita untuk melakukan diet rendah purin.

  1. Meredakan Radang

Asam urat yang tinggi memicu peradangan hingga menyebabkan rasa nyeri yang sangat terasa. Untuk meredakan radang tersebut disarankan untuk mengonsumsi semangka yang mengandung nutrisi, likopen, vitamin Cm dan antioksidan berupa likopen. Zat yang ada di semangka juga membantu sendi dari kondisi radang karena asam urat.

  1. Nutrisi Harian Terpenuhi

Penderita asam urat harus menghindari makanan yang dapat memicu gejala. Hal itu membuat nutrisi yang dibutuhkan tubuh jadi berkurang. Untuk mencukupinya disarankan untuk makan semangka karena kandungan gizi buah semangka cukup lengkap sehingga mampu memenuhi kebutuhan harian. Nutrisi dan vitamin yang ada pada semangka adalah sebagai berikut.

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Protein
  • Lemak sehat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Potasium
  • Magnesium
  1. Menekan Gula

Gula jadi salah satu pemicu asam urat. Seperti diketahui, gula khususnya fruktosa akan memicu radang sehingga gejala asam urat makin parah. Fruktosa sendiri dapat melepas purin dan berubah jadi asam urat. Akibatnya akan muncul kristal di persendian tubuh.

Di sisi lain, semangka mengandung gula sehat dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena hal itu disarankan untuk penderita asam urat mengonsumsi semangka.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Semangka

Bagi Anda penderita asam urat disarankan untuk makan semangka secara rutin. Anda bisa mengonsumsi semangka langsung atau diolah menjadi jus. Tidak disarankan untuk mencampur semangka dengan bahan lain seperti gula atau bahan tinggi purin.

Dalam bentuk jus, semangka bisa dikonsumsi secara teratur dua kali sehari satu gelas. Disarankan untuk memilih semangka merah dibanding semangka kuning karena kandungan likopennya yang lebih tinggi. Likopin sendiri masuk dalam keluarga antioksiden yang akan membantu tubuh mengeluarkan zat racun dalam tubuh.

Penderita juga harus tahu makanan pantangan penderita asam urat untuk mempercepat penyembuhan diri dan mencegah gejala makin parah.

Perbanyak pengetahuan tentang obat asam urat di kaki dengan obat herbal serta cara meredakan nyerinya.

Itulah beberapa alasan semangka baik untuk penderita asam urat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait