Apa itu <i>Sugar Craving</i>? Ketahui Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Foto: Pexels/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu sugar craving? Sugar craving adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kecanduan makanan manis.

Hasrat atau keinginan untuk menyantap makanan atau minuman yang manis perlu dicegah, sebab hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penjelasan tentang apa itu sugar craving, penyebab, beserta cara mengatasinya dapat disimak dalam artikel berikut ini. Baca terus sampai habis, ya!

Apa itu Sugar Craving?

Menyadur Healthline, sugar craving adalah hasrat atau keinginan berlebih untuk menyantap sesuatu yang manis sehingga sedikit sulit untuk menekan nafsu makan.

Penderita sugar craving umumnya kesulitan untuk tidak mengonsumsi makanan manis setiap waktu. Bila hasrat ini tidak dilawan, bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah menderita penyakit diabetes.  

Apa Penyebab Sugar Craving?

Dikutip dari Cleveland Clinic, sugar craving atau kecanduan makanan manis dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Sugar addiction atau kecanduan gula: Memakan makanan atau minuman yang manis dapat meningkatkan serotonin atau hormon Bahagia di dalam tubuh. Berikutnya, tubuh akan mengaitkan konsumsi makanan manis sebagai hadiah yang juga merupakan sumber kebahagiaan sehingga otak mengirimkan sinyal untuk mengonsumsinyaa secara berlebihan. Seiring berjalannya waktu, toleransi tubuh terhadap gula akan meningkat dan menyebabkan kecanduan.
  • Kelaparan: Sering melewatkan jam makan siang bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lapar, sehingga memunculkan hasrat untuk menyantap makanan atau minuman manis. Kondisi ini menjadikan tubuh bergantung pada camilan manis sehingga terjadi penumpukan kalori yang berdampak pada kenaikan berat badan.
  • Menderita penyakit tertentu: Beberapa jenis penyakit bisa membuat tubuh merasa lelah dan memunculkan dorongan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis.
  • Stres: Stres juga termasuk penyebab sugar craving, sebab tubuh memproduksi hormon kortisol dan hormon ghrelin yang membuat seseorang merasa lapar lebih cepat. Kondisi ini dapat meningkatkan keinginan untuk menyantap makanan manis.

Bagaimana Cara Mengatasi Sugar Craving?

Mengutip Ai-Care, mengonsumsi makanan manis sebenarnya tidak berbahaya asalkan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Konsumsi makanan manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, jerawat, hingga penyakit jantung.

Nah, bila Anda kecanduan makanan manis, sebaiknya pilih makanan berikut untuk agar dapat mengatasi sugar craving:

  • Buah berry: Bila sedang ingin makan makanan manis, Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi buah yang mengandung gula alami. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah berbagai jenis berry seperti blueberry, strawberry, blackberry dan raspberry. Buah-buahan ini mengandung gula alami yang dapat memenuhi keinginan Anda untuk makanan manis tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.
  • Sayuran tidak bertepung: Sayuran tidak bertepung seperti brokoli, bunga kool, zucchini, cuciwis ataau kubis mengandung serat yang dapat menahan rasa kenyang lebih lama dan mudah dicerna oleh tubuh secara perlahan. Ini artinya, ragam sayuran ini dapat mencegah lonjakan kadar gula daarah dan meredakan keinginan makanan manis.
  • Buah Alpukat: Alpukat adalah buah yang kaya serat. Buah ini dapat mengatasi rasa lapar dan memberi rasa kenyang cukup lama. Bila perut Anda kenyang, Anda akan merasa puas dengan makanan sehingga tidak lagi ngidam makanan manis.

Demikian informasi tentang apa itu sugar craving. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.