4 Penyebab Mimpi Basah Secara Medis, Apa Saja?
Ilustrasi (Foto: Pixabay/WOKANDAPIX)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seorang anak laki-laki yang telah memasuki usia pubertas, umumnya akan mengalami mimpi basah. Adapun yang dimaksud dengan mimpi basah adalah mimpi yang berkaitan dengan hubungan seksual dan dibarengi dengan terjadinya ejakulasi pada saat tidur. Penyebab mimpi basah secara medis berkaitan dengan hormon testosterone.

Dalam artikel kali ini, VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang apa itu mimpi basah beserta penyebabnya secara medis. Yuk, simak penjelasannya.

Apa itu Mimpi Basah?

Dikutip dari AI-Care, mimpi basah adalah sebuah kondisi di mana air mani keluar tanpa disengaja saat tidur. Mimpi basah terjadi ketika laki-laki bermimpi tentang hal-hal seksual atau sesuatu yang dapat meningkatkan hasratnya.

Menyadur laman Very Well Mind, pada anak remaja yang sedang beranjak dewasa, mimpi basah menjadi pertanda bahwa ia telah memasuki usia pubertas.

Saat masa-masa pubertas, seorang remaja mulai memproduksi lebih banyak hormon testosterone yang akan memproduksi sel sperma.

Mimpi basah merupakan fenomena yang normal dan merupakan bagian dari proses pertembuhan seseorang. Sperma yang telah diproduksi dalam jumlah banyak akan dikeluarkan kembali pada saat tidur melalui proses mimpi basah.

Penyebab Mimpi Basah Secara Medis

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami mimpi basah saat tidur.

Berikut adalah penyebab mimpi basah secara medis yang perlu Anda ketahui:

1. Mimpi berhubungan seksual

Penyebab mimpi basah secara medis yang pertama adalah karena seorang bermimpi tentang hal-hal seksual atau yang dapat meningkatkan hasratnya.

Mimpi berhubungan seksual terjadi selama fase tidur Rapid Eye Movement (REM) yang dapat menyebabkan orgasme sehingga terjadi ejakulasi saat tidur.

2. Hormon testosterone terlalu tinggi

Penyebab mimpi basah secara medis yang berikutnya berkaitan dengan hormon testosterone.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, anak laki-laki yang memasuki usia remaja akan mengalami lonjakan testosterone yang tinggi.

Nah, kadar hormon testosterone yang terlalu tinggi dapat menaikan hasrat atau dorongan seksual. Hal ini bisa mendorong tubuh untuk terjadi mimpi basah.

3. Penumpukan sperma

Saat seseorang tidak mengalami ejakulasi dalam waktu yang cukup lama, maka bisa mengakibatkan penumpukan sperma. Penumpukan sperma dapat terjadi karena seseorang tidak melakukan aktivitas seksual atau masturbasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penurunan intensitas hubungan seksual selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, dapat menjadi penyebab mimpi basah yang paling umum. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang sudah menikah. Bila tidak melakukan hubungan seksual atau masturbasi, berarti tidak akan terjadi ejakulasi yang bisa menyebabkan penumpukan sperma.

4. Stimulasi alat kelamin

Sebagian pria mungkin tidak sadar bahwa dirinya melakukan stimulasi alat kelamin sebelum atau ketika tidur. Misalnya, dengan menggosok alat kelamin, bisa di sprei, guling atau saat berbaring tengkurap.

Stimulasi alat kelamin yang tidak disengaja merupakan bagian dari rangsangan seksual dan bisa membuat seseorang mengalami mimpi basah.

Sebagai informasi tambahan, mimpi basah adalah cara tubuh untuk membersihkan diri dari sel sperma yang sudah menumpuk lalu menggantinya dengan memproduksi sel sperma yang baru. Pembersihan ini dilakukan dengan mengeluarkan sperma lama dengan cara mimpi basa pada saat tidur.

Demikian informasi tentang penyebab mimpi basah secara medis. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.