Tips dan Cara Aman Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur agar Tak Masuk Angin
Ilustrasi menyalakan kipas angin saat tidur (Antaranews)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menyalakan kipas angin saat tidur memang menyenangkan. Kipas angin akan membantu mencegah gerah saat cuaca panas dan membuat tidur makin lelap. Sayangnya ada dampak negatif yang mungkin akan didapatkan salah satunya kesehatan jadi menurun. Agar tak terjadi hal tersebut Anda harus tahu cara aman menggunakan kipas angin saat tidur.

Cara Aman Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat kipas angin adalah mampu meningkatkan sirkulasi udara pada ruangan. Akan tetapi jika menyalakan kipas angin saat tidur akan memicu masalah kesehatan misalnya demam.

Hal tersebut bisa terjadi karena embusan angin dari kipas akan memicu ketidakseimbangan suhu tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, ikuti beberapa tips menyalakan kipas angin saat tdur.

  1. Jauhkan Kipas Angin

Jangan dekatkan kipas angin ke tempat tidur. Tempatkan kipas sedikit lebih jauh agar angin yang keluar tak terlalu besar. Anda bisa memberi jarak 2 atau 3 meter dari lokasi tempat tidur Anda.

  1. Arahkan Kipas ke Tembok

Tidak disarankan mengarahkan kipas angin langsung ke arah tempat tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa mengarahkan kipas angin ke tembok untuk memantulkan angin. Sehingga angin tak langsung mengenai badan.

  1. Pakai Kecepatan Paling Rendah

Biasanya kipas angin punya tiga tingkat kecepatan. Saat menyalakannya ketika tidur, atur kecepatan kipas ke tingkat yang paling rendah yakni 1. Jangan memasang kecepatan ke tingkat yang paling tinggi karena akan membuat Anda kedinginan selama tertidur.

  1. Bersihkan Kipas Angin Teratur

Jika Anda memiliki kebiasaan menyalakan kipas angin, usahakan untuk rajin membersihkan debu yang menempel di kipas angin. Hal ini dilakukan agar angin yang dikeluarkan tidak mengandung debu atau partikel berbahaya lain.

  1. Rajin Bersihkan Kamar

Tidak hanya kipas, Anda juga harus membersihkan kamar secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mencegah partikel debu yang ada di kamar berterbangan sehingga tidak mengganggu saluran pernapasan Anda.

  1. Jagan Dekatkan Kipas dengan Bahan yang Mudah Terbang

Kipas akan menerbangkan partikel ringan ke segala penjuru. Usahakan untuk menjauhkan partikel ringan yang mudah terbang seperti bedak atau obat nyamuk bakar. Partikel bedak yang diterbangkan kipas angin akan terhirup ke saluran napas. Sedangkan bara api dari obat nyamuk bakar berpotensi memicu kebakaran.

  1. Kenakan Selimut

Disarankan untuk menutupi tubuh dengan selimut. Langkah ini diperlukan agar tubuh tidak kedinginan dan suhu tubuh tetap terjaga.

  1. Nyalakan Timer

Jika Anda menggunakan kipas dengan timer non-aktif otomatis, atur kipas mati setelah 1 jam berlalu. Anda tidak akan merasa panas jika tidur sudah lelap sehingga kipas angin tidak perlu dinyalakan lagi.

Itulah informasi terkait cara aman menggunakan kipas angin saat tidur. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.