7 Desain Dapur yang Sedang Tren, Ada Rencana Renovasi? Cek Buat Referensi
Ilustrasi desain dapur yang sedang tren (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang menganggap bahwa dapur adalah bagian penting dari sebuah rumah. Ruangan ini merupakan inti dari mana makanan yang menghidupkan keluarga diproduksi. Tak sedikit pula keluarga yang menjadikan dapur sebagai ruang yang hangat tempat bertemunya seluruh anggota keluarga. Baik sepulang kerja, sekolah, atau acara di luar rumah, semua singgah di dapur. Karena merupakan ruang yang signifikan bagi keluarga, berikut referensi desain dapur yang sedang tren buat Anda yang merencanakan renovasi.

1. Desain dengan perlengkapan campuran

Perpaduan antara dapur dengan sentuhan klasik dan modern, cukup digemari belakangan ini. Anda bisa memakai pencahayaan aksen klasik menggunakan lampu lawasan dipadukan dengan fitur-fitur modern. Penyatuan eklektik dan vintage juga menambah keunikan pada desain dapur.

desain dapur yang sedang tren
Ilustrasi desain dapur yang sedang tren (Freepik)

2. Penyimpanan fungsional

Apakah Anda masih menyimpan stoples bumbu bersamaan dengan wajan dan panci dalam satu lemari? Saatnya memikirkan penyimpanan yang fungsional. Dalam desain modern, terdapat penyimpanan fungsional khusus untuk bumbu, peralatan memasak, hingga peralatan makan. Semuanya menempati tempat masing-masing yang didesain sesuai fungsinya. Anda bisa memakai storage di dinding atau ruang terorganisir di bawah. Detail desain yang maksimal, justru mengesankan ruang yang minimalis.

3. Warna moody

Kalau dinding dapur Anda masih dominan warna putih, saatnya membuatnya lebih berwarna. Saat ini, perpaduan antara warna gelap dan terang sedang tren. Anda bisa memilih lemari dengan warna hijau, merah, atau biru. Ini bisa Anda padukan dengan meja warna hitam, hijau, atau merah anggur. Furniture yang berwarna-warni, bisa diatur untuk menambah kedalaman. Ini membuat dapur sekaligus tempat berkumpulnya keluarga menjadi lebih hangat dan intim.

desain dapur yang sedang tren
Ilustrasi desain dapur yang sedang tren (Freepik)

4. Tudung rentang yang mencuri fokus

Setiap dapur membutuhkan titik fokus atau range hood. Ini adalah fitur utama dapur, kata Laura Botelho, pendiri Laura Botelho Interiors dilansir Southern Living, Kamis, 29 Februari. Tudung bisa didesain dengan berbagai macam bahan, seperti drywall, shiplap, papan dan kayu reng, logam, bahkan batu bata atau batu. Elemen ini menandai pesan bahwa Anda dan keluarga serius menangani dapur.

5. Asimetris

Dapur biasa didesain seimbang, namun Anda bisa mempertimbangkan beberapa kesan asimetris. Misalnya memanfaatkan pola, penggunaan warna, dan menciptakan titik fokus yang menyenangkan secara tak terduga. Ini bisa berarti memasang rak pada satu sisi saja atau menggabungkal lemari vertikal dengan laci horizontal.

6. Warna earth tone untuk kesan hangat

Desain dapur yang sedang tren, yaitu menggunakan warna-warna hangat. Palet warna hangat dan netral, membantu memendarkan kesan tenang pada indra. Anda bisa mengubah warna putih dengan lebih krem atau membuatnya lebih segar dengan warna hijau.

7. Backsplash batu

Backsplash atau bagian dinding tempat cuci piring, bisa lebih ceria saat dipasang marmer berpola atau warna lain yang lebih berani. Bisa juga dengan batu-batuan sehingga bisa dipanjangkan sampai meja untuk memberikan kesan ramping, modern, dan estetis.

Lewat referensi desain dapur yang sedang tren di atas, mana yang paling menarik bagi Anda? Anda bisa menyesuaikan rekomendasi di atas dengan selera Anda. Bisa pula bermain-main warna atau fitur sesuai saran dari desainer interior.