Cara Mencuci Pakaian Berbahan Sifon, Hati-Hati Jangan Asal Cuci
Cara mencuci pakaian berbahan sifon (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perawatan setiap jenis kain memiliki metode yang berbeda-beda. Salah satunya untuk bahan sifon yang banyak dijadikan bahan pembuatan pakaian. Jika Anda punya pakaian dari kain sifon, maka harus tahu cara mencuci pakaian berbahan sifon. 

Sifon adalah jenis kain yang bertekstur lembut dan ringan. Kain ini banyak digunakan untuk bahan pakaian seperti gamis, kerudung, baju pengantin, gaun pesta, dan lainnya. Lantaran bahannya yang cenderung tipis, kain sifon akan rentan rusak atau sobek jika tidak dirawat dengan cara yang tepat. 

Biasanya para wanita punya banyak koleksi pakaian dari kain sifon. Namun tidak sedikit yang belum memahami pentingnya merawat kain sifon dengan perlakuan yang tepat. Lantas bagaimana cara mencuci pakaian berbahan sifon supaya awet dan tidak cepat rusak?

Cara Mencuci Pakaian Berbahan Sifon

Tentu saja Anda tidak ingin baju atau pakaian koleksi mudah rusak atau tiba-tiba robek. Supaya hal itu tidak terjadi maka Anda harus memperhatikan perawatan pakaian Anda. Berikut ini cara mencuci pakaian berbahan sifon yang perlu Anda terapkan:

Pisahkan Kain saat Mencuci

Tips penting lainnya yang perlu Anda praktikan saat mencuci kain sifon adalah memisahkannya dari jenis kain lain. Selain itu, pisahkan juga kain sifon dengan pakaian yang warnanya berbeda. Anda bisa menaruh kain ini di tempat atau wadah tersendiri dan campurkan dengan pakaian yang sewarna.

Kain sifon yang lembut dan tipis bersifat mudah menyerap warna. Jadi apabila Anda mencuci dicampur dengan pakaian warna lain maka rentan terpapar warna yang berbeda. Itulah mengapa kain sifon perlu mendapat treatment yang berbeda saat mencucinya.

Rendam Pakaian

Jika kain sifon sudah dipisah sendiri, selanjutnya Anda perlu merendamnya. Rendamlah pakaian berbahan sifon ke dalam air secukupnya. Biarkan pakaian Anda menyerap air terlebih dahulu, baru setelah itu mulai dicuci. 

Cuci dengan Suhu Air Normal

Suhu air yang digunakan untuk mencuci kain sifon juga perlu diperhatikan. Penting untuk dicatat bahwa kain sifon tidak memerlukan suhu air khusus saat dicuci. Jadi pastikan mencuci dengan air bersuhu normal. 

Anda tidak perlu mencuci pakaian bahan sifon dengan suhu terlalu tinggi. Jika hal ini Anda lakukan maka dapat merusak kain karena sifon memiliki tekstur yang lembut dan tipis. 

Cuci Pakai Tangan

Tips pertama yang perlu dilakukan saat mencuci pakaian berbahan sifon adalah dengan mencuci pakai tangan. Mencuci secara manual adalah cara terbaik menjaga kain sifon tetap aman dan supaya tidak mudah rusak.  

Hal ini mengingat kain sifon bertekstur lembut dan ringan, sehingga sangat rentan terhadap gesekan keras. Mencuci pakai mesin cuci rawan merusak tekstur kain sifon. Meskipun mencuci dengan mesin cuci tidak dilarang, namun lebih disarankan untuk tetap mencuci secara pakai tangan. 

Saat mencuci kain sifon, kuceklah secara perlahan. Jangan mengucek terlalu keras, terutama jika terdapat noda yang sulit dihilangkan. Lebih baik rendam area noda membandel tersebut dalam air yang dicampur deterjen. Setelah itu baru dikucek secara perlahan.

Hindari Menggunakan Pengering

Setelah proses mencuci, keringkan pakaian sifon di bawah matahari biasa atau biarkan mengering dengan angin. Hindari menggunakan alat pengering untuk mengeringkan pakaian berbahan sifon. Untuk mengurangi resapan air, Anda bisa memerasnya secara perlahan.

Memakai Setrika Uap

Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan cara menyetrika kain sifon. Proses menyetrika pakaian berbahan sifon lebih baik menggunakan setrika uap. Hindari menggunakan setrika dengan suhu tinggi karena bisa merusak kain sifon yang lembut dan tipis ini. 

Demikianlah tips atau cara mencuci pakaian berbahan sifon yang benar. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa merawat kain sifon supaya lebih awet dan tidak gampang rusak. Baca juga tips merawat bahan linen agar awet.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.