Film 1 CM Bangkitkan Nasionalisme Lewat Aksi 32 Anak Sumut
Pemain Film 1 CM (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Film 1 CM hadir memberi pesan nasionalisme untuk masyarakat Indonesia. Digarap sutradara Dedy Siregar, film ini menampilkan aksi dari 32 anak asal Sumatera Utara yang beradu akting dalam permainan tradisional.

Dedy Siregar menyebut 1 CM dihadirkan untuk anak-anak Indonesia yang membutuhkan tontonan yang menghibur sekaligus mendidik. Baginya, penting untuk menanamkan nilai-nilai yang baik sejak dini.

“Melalui Film 1 CM ini kita berupaya mendidik, memberi pelajaran dengan cara yang bisa dinikmati. Di dalam ini ada pesan-pesan nasionalisme, hingga kebiasaan penggunaan ponsel bagi anak-anak yang harus dibatasi,” kata Dedy Siregar di Epicentrum, Jakarta Selatan, Sabtu, 8 Maret.

Adapun, 32 aktor anak yang beradu akting dalam film ini dipilih dengan cara yang cukup unik. Tim memilih anak-anak yang berprestasi dari sekolah-sekolah yang tersebar di Sumatera Utara.

“Mereka ini memang aktor dan aktris pemula yang kita seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di Sumut. Tapi aktingnya bisa dinilai sendiri. Mereka penuh semangat dan serius dalam memerankan tokoh yang ada di film ini,” kata Dedy.

Diaz, salah satu pemeran anak mengatakan bahwa syuting berjalan dengan penuh tantangan, pasalnya mereka harus berpindah-pindah lokasi syuting. Namun begitu, bantuan tim dan antusias para pemeran membuat syuting selesai dengan baik.

“Kita syuting di lokasi yang berbeda-beda, ada yang cuacanya dingin, terkadang terkendala hujan. Ini pengalaman yang seru sih buat saya. Untungnya kami semua semangat, jadi segala kendala yang ada saat penggarapan film bisa teratasi,” ujar Diaz.

Diaz mengaku tidak sabar dengan respon penonton. Ia bangga bisa terlibat dalam film yang punya pesan nasionalisme sekaligus menunjukkan potensi anak-anak Sumatera Utara.

“Pokoknya saksikan saja filmnya, pasti seru. Kemudian, karena kami sebagai anak Sumut, dialeknya memakai dialek seperti orang Sumut umumnya saat berbicara. Cemana menurut klen? Cocok kan,” kata Diaz seraya tertawa.

Sang sutradara berharap kehadiran film 1 CM di bioskop bisa menjadi cara bagi para orang tua menikmati waktunya bersama anak-anak mereka. Terlebih, pendidikan nasionalisme lewat film adalah cara yang menyenangkan bagi anak.

“Kita berharap Film 1 CM ini bisa menjadi tontonan bersama keluarga. Ambil pesan baik yang ada di dalam film ini dan semoga bisa bermanfaat bagi kita,” ucap Dedy.

Kehadiran film 1 CM juga mendapat dukungan dari Drajat Wisnu setyawan selaku Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri. Ia menghimbau pemimpin di berbagai daerah untuk ikut mengapresiasi apa yang dihadirkan 32 aktor anak ini.

“Akan mendorong dengan membuat surat edaran kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati dan Walikota) untuk mengapresiasi dan menghimbau untuk menonton film ini. Karena film ini penuh dengan nilai-nilai nasionalisme dan wawasan kebangsaan, khususnya bagi generasi muda Indonesia,” pungkas Drajat Wisnu Setyawan.