Batas Aman Konsumsi Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Ilustrasi pepaya (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selain mudah didapatkan, buah pepaya mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda ada batas aman konsumsi buah pepaya?

Buah pepaya memang punya segudang manfaat. Misalnya, konsumsi pepaya mengurangi infeksi HPV  dan risiko lesi serviks. Selain itu buah ini juga dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu efek samping tertentu seperti diare.

Batas Aman Konsumsi Buah Pepaya

Makan pepaya terlalu banyak memang harus dihindari. Ada ambang batas aman makan pepaya dalam sehari. Secara umum makan pepaya maksimal bisa dilakukan sebanyak 200 gram per hari. Namun angka tersebut tida berlaku untuk semua orang mengingat kondisi tiap orang berbeda-beda.

Dilansir dari gracelaboratory, satu buah pepaya dengan ukuran sedang punya kurang lebih 120 kalori sampai 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, dan 18 gram gula. Jumlah batasan pepaya yang bisa dimakan oleh seseorang tergantung oleh banyak faktor mulai daari usia, kesehatan general, hingga kebutuhan makanan.

Namun, untuk pedoman umum, orang dewasa boleh makan pepaya dengan aman ukuran sedang atau kurang lebih 300 gram per hari. Sedangkan untuk anak-anak jumlah pepaya yang boleh dimakan porsinya tentu lebih rendah.

Dikutip dari Antara, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda menjelaskan bahwa anjuran makan buah dalam sehari minuam dua sampai tiga porsi.

Sedangkan takaran porsi buah menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) minimal 50 gram. Sehingga dalam sehari anjuran untuk makan buah-buahan total adalah 150 gram buah.

Namun buah yang dikonsumsi sebaiknya divariasikan. Selain pepaya, Anda bisa mengombinasikan dengan buah lain atau sayuran. Dengan begitu asupan nutrisi dan vitamin yang masuk ke tubuh lebih lengkap.

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat pepaya untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Beberapa manfaat pepaya adalah sebagai berikut.

  1. Detoksifikasi Hati

Jangan buang biji pepaya karena mampu mendetoksifikasi hati. Selain itu biji pepaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak, lansia, dan pasien alkoholik. Biji pepaya juga membantu mencegah radikal bebas di sel hati.

Enzim papain di pepaya mampu melarutkan dan membersihkan jaringan mati tanpa mempengaruhi aktivitas sel-sel baik.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Pepaya mengandung vitamin C yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Makan pepaya secara teratur untuk menjaga tubuh dari penyakit dan infeksi.

  1. Mengurangi Peradangan

Pepaya mengandung dua enzim yaitu papain dan chymopapain. Kedua enzim tersebut mencerna protein oleh karena itu pepaya mampu mengurangi peradangan kronis seperti asma dan radang sendi.

  1. Mengatasi Sembelit

Pepaya mengandung air tinggi yang mampu mengurangi kembung dan meringankan sembelit. Tingginya serat di Pepaya mampu mendorong aktivitas usus secara teratur, membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

  1. Cegah Keriput dan Perlambat Tanda Penuaan

Pepaya bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Tingginya vitamin C membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen ini yang akan membantu mengencangkan kulit sekaligus mencegah penuaan dini.

Itulah batas aman konsumsi buah pepaya. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.