Kronologi Ovarium Kiky Saputri Diangkat usai Alami Keguguran
Kiky Saputri (Instagram @kikysaputrii)

Bagikan:

JAKARTA - Kiky Saputri mengalami kesedihan setelah mengumumkan keguguran. Tidak hanya kehilangan bayinya, ia memilih untuk mengangkat ovariumnya setelah menemukan kista.

Kiky sudah mengetahui adanya kista itu sejak tahun lalu dan ia berencana untuk mengurusnya setelah pulang dari London. Akan tetapi, Kiky menerima kabar bahwa ia sedang hamil ketika ia baru berangkat ke London.

"Kata dokter nggak apa-apa ini (kista) nggak ganggu, jadi lanjutkan saja. Ternyata kita baru tahu juga seiring berjalannya waktu janin itu berkembang, kista juga berkembang dan ternyata menekan ke area dinding rahimnya," kata Kiky Saputri dalam video terbarunya, Senin, 18 Maret.

"Sari-sari makanan untuk si janin diambil oleh kistanya. Jadi ternyata kistanya juga membesar," kata Khairi, suami Kiky Saputri.

Kista yang awalnya berukuran 3,8 centimeter mulai melebar dan menyebabkan Kiky Saputri mengalami flek. Ketika diperiksa ke dokter, jantung janin sang komedian sudah tidak terdengar.

"Ya sudah akhirnya diputuskan untuk kuret. Aku istirahat seminggu, kata dokternya sambil kita kontrol. Kata dokter seharusnya setelah janinnya sudah tidak ada kista bisa menyusut. Nanti bisa dilihat harus diangkat atau mengecil secara alami," lanjut Kiky.

Pada awal Maret lalu, Kiky Saputri mengalami sakit perut yang ia sangka merupakan gejala datang bulan. Ketika diperiksa, ternyata ukuran kista Kiky sudah mencapai 5,1 centimeter.

"Kamis pagi aku langsung ke rumah sakit dan dicek, kista aku makin besar sudah 5,1 centimeter. Sudah gitu dokter memutuskan untuk diangkat kistanya karena takutnya berbahaya di rahim," kata Kiky Saputri.

"Ternyata ovarium kiri Kiky itu sudah diselimuti oleh kistanya. Jadi, ini kista itu sudah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky dan dokter bilang ini harus diangkat karena sudah terjadi peradangan di situ," lanjutnya.