Tak Sekadar Penampilan, 7 Kecakapan Ini Membuat Anda Terlihat Jauh Lebih Menarik
Ilustrasi kecakapan yang membuat terlihat jauh lebih menarik (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kehadiran yang membekas bukan sekadar karena penampilan fisik semata. Lebih dari itu, kecakapan seseorang justru membuat mereka jauh lebih menarik. Menurut pengajar hubungan bersertifikat, Marilyn Orr, kecakapan tidak hanya bermanfaat dalam dunia bisnis saja. Dalam relasi cinta atau hubungan romantis, kecakapan yang membuat terlihat jauh lebih menarik berikut di bawah ini, juga berkontribusi besar.

1. Hadir sepenuhnya

Alih-alih membagi perhatian dengan gawai, saat berbicara dengan orang terdekat, penting untuk hadir sepenuhnya. Kecakapan ini, ternyata juga perlu dilatih. Terlebih jika terbiasa terus-menerus cek notifikasi gawai. Saran Orr, memberikan perhatian penuh kepada orang terdekat, atau pasangan, baik secara kognitif atau emosional, membuat mereka merasa didengar dan dipahami. Kecakapan ini, mendorong pasangan Anda lebih dekat.

2. Mendengarkan dan mengajukan pertanyaan

Penelitian menunjukkan, menasihati orang lain jarang efektif. Maka cobalah untuk mengajukan pertanyaan kepada pasangan Anda ketika dia sedang menghadapi suatu masalah. Ini membuat pasangan merasa Anda berada di posisi penting dalam hidupnya. Terlebih apabila Anda membantu menemukan strategi terbaik untuk menyelesaikan masalah dan maju.

kecakapan yang membuat terlihat jauh lebih menarik
Ilustrasi kecakapan yang membuat terlihat jauh lebih menarik (Freepik/Racool_studio)

3. Penasaran

Penasaran lekat dengan rasa ingin tahu. Dengan rasa penasaran, memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan dan dialog bekerja secara dinamis. Penting pula menghindari asumsi dan menghakimi. Lebih baik, buat pasangan merasa aman sehingga tetap terbuka pada Anda.

4. Bicara dalam bahasa mereka

Setiap orang memiliki karakter dan cara berbicara serta pilihan bahasa yang berbeda-beda. Tetapi karena berkomitmen bersama, kedua belah pihak harus saling menyesuaikan. Termasuk berkomunikasi dengan bahasa yang efektif, mudah dipahami, dan sesuaikan komunikasi untuk membangun koneksi lebih baik.

5. Ketegasan

Sikap asertif bukan agresi, ini adalah kemampuan mengetahui apa yang dipikirkan, dirasakan, dan mengkomunikasikannya dengan baik tanpa merugikan orang lain. Melansir YourTango, Selasa, 19 Maret, kadang kita menahan diri karena berbagai alasan. Bahkan tidak berupaya menyampaikan pemikiran secara bijak dan ramah. Artinya, berkomunikasi secara tegas membuat komunikasi berjalan dengan mudah.

6. Merayakan dan mengakui satu sama lain

Hal ini mungkin konteksnya berbeda ketika di rumah atau di tempat kerja. Di tempat kerja ada prestasi, pujian, sertifikat, dan bonus. Tetapi dalam hubungan berpasangan, penting memperhatikan hal-hal kecil yang patut diapresiasi. Misalnya, pasangan yang sudah menyiapkan makan malam, ucapkan terima kasih. Ini merupakan salah satu contoh sederhana bagaimana mengakui upaya pasangan.

7. Mengembangkan keterampilan

Ibarat sebuah perusahaan, hubungan juga perlu bijak dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berkelanjutan. Seperti mendengarkan dengan baik, menangani konflik dengan cara yang produktif, dan mempelajari cara mengeluarkan versi terbaik dari orang-orang di sekitar. Untuk mengembangkan keterampilan ini, perlu sikap proaktif dalam hubungan.

Itulah kecakapan yang membuat seseorang terlihat jauh lebih menarik. Dengan kecakapan di atas, Anda bisa membangun hubungan romantis yang hangat. Selain juga membangun komunikasi dalam hubungan yang sehat.