Biar Enggak Ribet saat Sahur, Ini 7 Pilihan Makanan Instan yang Bisa Disajikan
Ilustrasi (Monstera Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sahur atau makan sahur, jadi bagian penting dalam menjalani ibadah puasa. Karena sahur merupakan sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Namun, mempersiapkan sahur bisa jadi hal yang sedikit merepotkan. Terutama jika Anda hanya memiliki waktu terbatas atau kurangnya energi di pagi hari. 

Oleh karena itu, makanan instan sering menjadi pilihan praktis untuk sahur. Dalam artikel ini, VOI akan membahas tujuh makanan instan yang bisa menjadi pilihan lezat dan praktis untuk sahur.

Roti

Roti instan yang dijual dipasaran, seperti roti tawar atau roti gandum, juga bisa menjadi pilihan praktis untuk sahur. Anda bisa membuat sandwich dengan mengoleskan selai kacang, keju, atau daging sebagai isian. Roti instan bisa menjadi sumber karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi dalam menjalani puasa.

Scrambled eggs

Makanan full protein ini mudah disajikan. Hanya butuh 2 menit untuk mempersiapkan scrambled egg atau telur orak-arik. Anda bisa mengonsumsinya dengan tambahan karbohidrat seperti nasi, atau bisa juga diletakkan di atas roti panggang. Biar makin lezat, tambahkan selada air dan juga saus atau mayones secukupnya.

Susu

Susu juga bisa menjadi pilihan untuk sahur, terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan makanan. Anda bisa mengonsumsi susu instan langsung atau mencampurnya dengan bubuk cokelat atau kopi untuk memberikan variasi rasa. Susu instan juga bisa menjadi sumber kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Sup instan

Sup instan juga bisa menjadi pilihan makanan instan yang praktis untuk sahur. Anda bisa memilih sup instan yang mengandung berbagai macam sayuran dan protein, seperti sup ayam, sup kacang merah, atau sup jagung. Sup instan bisa menjadi pilihan yang hangat dan mengenyangkan untuk sahur.

Overnight smoothie

Sajian cepat di waktu sahur. Anda bisa membuat overnight smoothie. Gunakan bahan-bahan yang biasa Anda konsumsi dan tentu dapat menambah nafsu makan. Makanan instan untuk sahur ini merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin, protein, dan serat.

Mie instan

Mie instan adalah salah satu makanan instan yang paling populer untuk sahur. Mie instan dapat dengan mudah disiapkan hanya dengan merebus mie dalam air panas dan menambahkan bumbu yang disertakan. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan tambahan seperti telur, sayuran, atau daging untuk membuat mie instan lebih kaya gizi dan lezat.

Muesli bar

Persiapkan beberapa bungkus muesli bar saat bulan Ramadan. Snack bar kecil ini sangat berguna saat Anda terburu-buru untuk sahur. Muesli mengandung oat bran, yang mengandung serat oat yang disebut beta-glukan. Beta-glukan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. Dengan makan muesli secara teratur, kamu akan meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan.