Tips Menentukan Waktu Istirahat Saat Mudik Lebaran Idul Fitri 2024
Ilustrasi mudik dengan kendaraan pribadi (pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum menyusun itinerary dalam perjalanan liburan mudik, pemudik harus tahu bahwa menentukan waktu istirahat sangat penting dilakukan. Pemudik harus tahu kapan harus istirahat dan kapan bisa melanjutkan perjalanan lagi. Artikel ini akan memberikan tips menentukan waktu istirahat saat mudik agar tak mudah lelah dan mengantuk.

Tips Menentukan Waktu Istirahat Saat Mudik

Waktu adalah sesuatu yang krusial dalam perjalanan mudik, apalagi jika perjalanan yang dilakukan cukup panjang dengan mengenakan kendaraan pribadi. Agar tenaga tidak cepat terkuras habis sehingga perjalanan tetap aman dan lancar, berikut ini beberapa tips menentukan waktu istirahat ketika mudik.

  1. Harus Cari Tahu Berapa Lama Perjalanan yang Harus Ditempuh

Tips pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu berapa lama pemudik akan berada di perjalanan. Dengan begitu pemudik bisa membagi waktu serta ikut menentukan lokasi yang bisa dipakai untuk beristirahat nanti.

  1. Terapkan Pola Istirahat 4:1

Pemudik disarankan untuk menerapkan pola istirahat dan mengemudi dengan rumus 4 : 1, yakni beristirahat selama satu jam setelah berkendara selama empat jam. Saat jam istirahat usahakan untuk tidur selama 30 menit. Sisanya bisa digunakan untuk hal seperti makan, minum, peregangan, dan sebagainya.

  1. Istirahat Berdasarkan Jarak

Menentukan jam istirahat bisa pula dilakukan dengan memperhitungkan jarak. Pemudik bisa istirahat selama 1 jam setelah berkendara setelah menempuh perjalanan sepanjang 200 hingga 300 Km. Bagi pemudik yang menggunakan cara ini bisa menghitung lebih dulu berapa panjang jarak yang harus ditempuh saat mudik.

  1. Perhatikan Sinyal Tubuh

Kebutuhan istirahat seseorang saat mudik atau menempuh perjalanan jauh memang berbeda-beda, tergantung banyak hal seperti usia, metabolisme, kebiasaan, dan sebagainya. Agar lebih mudah mengetahui kapan harus istirahat, pemudik disarankan untuk tahu saat tubuh memberikan sinyal butuh istirahat.

Beberapa sinyal tubuh butuh istirahat biasanya berupa kantuk, mual, atau pusing. Saat salah satu tanda tersebut dialami segera cari tempat istirahat. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa rest area terbaik sepanjang Tol Trans Jawa.

  1. Samakan Waktu Istirahat dengan Waktu Kegiatan Lain

Selama perjalanan pemudik harus melakukan berbagai kebutuhan kegiatan lain seperti buang air, ibadah, makan, beli oleh-oleh, dan sebagainya. Agar tidak terlalu sering berhenti, samakan waktu istirahat dengan waktu kegiatan lain. Misalnya, pemudik bisa istirahat saat jam sudah memasuki waktu ibadah Ashar, atau bisa juga membarengkan istirahat dengan kebutuhan beli oleh-oleh di perjalanan.

  1. Mengalami Traffic Stress Syndrome

Traffic stress syndrome adalah gangguan mental yang disebabkan karena berkendara di tengah kemacetan. Pengemudi bisa merasakan gejala gangguan psikis seperti cemas, mudah marah, hingga peningkatan detak jantung.

Salah satu tips menentukan waktu istirahat adalah saat pemudik mengalami traffic stress syndrome. Usahakan segera menepi jika memungkinkan.

Itulah beberapa tips menentukan waktu istirahat saat mudik. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.