7 Makanan yang Memengaruhi Bau Badan, Jangan Dikonsumsi Berlebih!
Ilustrasi bau badan tidak sedap (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bau badan yang tidak sedap bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan antiperspirant untuk mengurangi produksi keringat serta menghindari makanan yang memengaruhi bau badan.

Lantas, apa saja makanan yang dapat menyebabkan bau badan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan yang Memengaruhi Bau Badan

Dikutip dari AI-Care, terdapat beberapa makanan yang dapat memengaruhi atau membuat bau badan menjadi tidak sedap, di antaranya:

1. Makanan yang dibumbui rempah-rempah beraroma kuat

Makanan yang dibumbui rempah-rempah beraroma kuat ternyata bisa memengaruhi bau badan. Anda yang memiliki produksi keringat berlebih, perlu menghindari jenis makanan ini.

Bumbu dan rempah-rempah seperti jinten, cabai rawit, lobak, dan bumbu kari bisa menyebabkan keringat tidak sedap. Rempah-rempah ini tidak hanya menghasilkan cita rasa kuat dilidah, namun juga bisa memengaruhi bau badan.

2. Bawang putih

Konsumsi bawang putih tidak hanya mengubah aroma bau mulut mejadi tidak sedap, namun juga memengaruhi bau badan.

Di dalam bawang putih terkandung sulfur bernama allicin. Senyawa kimia ini dapat menyebabkan keringat menjadi tidak sedap, serta menempel di badan selama dua hari.

3. Bawang bombai

Selain bawang putih, bawang bombai termasuk dalam kategori bahan makanan yang memengaruhi bau badan.

Di dalam bawang bombai juga terdapat sulfur, senyawa kimia yang membuat bau badan tidak sedap ketika tubuh sedang berkeringat.

4. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba mengandung asam amino essensial yang merupakan sumber protein terbaik. Akan tetapi, konsumsi makanan ini secara berlebih bisa membuat bau badan tidak sedap.

Ketika tubuh mencerna daging merah, asam amino bisa meninggalkan residu di usus yang dipecah oleh enzim. Hasil pemecahan ini jika bercampur dengan bakteri di kulit  akan menghasilkan bau badan tidak sedap.

5. Seafood

Berikutnya, ada makanan laut alias seafood. Konsumsi makanan ini secara berlebihan bisa membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Akan tetapi, tidak semua orang yang menyantap seafood pasti akan mengalami bau badan.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada orang-orang yang mempunyai Kelainan metabolisme tubuh, seperti trimetilaminuria.

Trimetilaminuria merupakan kelainan yang menyebabkan tubuh tidak bisa memproses senyawa kimia dalam seafood dengan baik. Alhasil, metabolisme seperti keringat, urine, dan napas dapat berbau amis seperti ikan.

6. Sayuran kelompok cruciferous

Sayuran yang masuk ke dalam kelompok cruciferous, seperti brokoli, kubis, dan kol bisa memengaruhi bau badan.

Di dalam sayuran ini terdapat sulfur yang akan diserap oleh tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk keringat sehingga membuat bau badan jadi tidak sedap.

Bau badan Anda biasanya akan berubah menjadi lebih buruk setelah satu jam menyantap makanan ini.

Untuk mengurangi efek tersebut, Anda disarankan untuk memasa sayuran ini ketimbang mengonsumsinya secara mentah.

7. Asparagus

Asparagus juga termasuk makanan yang memengaruhi bau badan. Kendati memiliki rasa yang lezat, asparagus bisa membuat bau keringat dan bau urine menjadi lebih buruk.

Ketika tubuh mengolah asparagus, senyawa mercaptan dalam asparagus akan diolah menjadi asam sulfur yang akan memengaruhi bau badan, termasuk bau urine saat buang air kecil.